AHM Terapkan Konsep Vokasi Baru Berbasis TEFA di SMK ini

DAPURPACU – PT Astra Honda Motor (AHM) mulai memperkenalkan konsep teaching factory (TEFA) di salah satu sekolah menengah kejuruan binaannya yaitu SMK Bina Mandiri, Bekasi.

Menggandeng bengkel resmi AHASS, SMK binaan Honda ini menjadi yang pertama menerapkan proses belajar TEFA, sekaligus menjadi tempat siswa belajar dengan orientasi bisnis layanan purna jual sepeda motor.

Bekerja sama dengan AHASS di wilayah Bekasi, sekolah mitra binaan ini akan menjadi Pos AHASS TEFA. Konsep ini juga dikembangkan bersama main dealer motor Honda PT Daya Adicipta Motora.

Konsep TEFA yang dikembangkan ini akan membina dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan siswa terkait teknik dan bisnis sepeda motor, dengan suasana kerja profesional dalam memberikan layanan purna jual kepada konsumen.

Adapun SMK binaan AHM yang berhak menerapkan konsep baru tersebut adalah yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Sebagai Pos AHASS TEFA diwajibkan melengkapi sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas, seperti ruang tunggu, jumlah pit minimal 2 dan fasilitas pendukung lainnya.

Untuk AHASS yang ditunjuk sebagai pembina akan mendampingi implementasi TEFA dalam hal operasional dan standarisasi kualitas pekerjaan di Pos AHASS TEFA.

Beragam layanan purna jual dihadirkan di Pos AHASS TEFA seperti pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli serta suku cadang asli sepeda motor Honda.

Untuk menjaga kualitas proses kerja, hasil dan suku cadang yang digunakan, setiap Pos AHASS TEFA akan diawasi secara langsung oleh mekanik AHASS.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan program TEFA ini dikembangkan dalam upaya membawa suasana industri ke sekolah.

Tujuannya, lanjut dia, agar peserta didik mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan teknikalnya dalam suasana dan standar kerja industri sesungguhnya.

“Kami berusaha membekali para peserta didik dengan pengalaman lebih mendalam sesuai dengan praktik profesional yang ada di industri sepeda motor,” imbunya.

“Kami berharap Pos AHASS TEFA bisa hadir secara bertahap di SMK mitra binaan AHM lainnya dan dapat dimanfaatkan juga oleh para pemilik motor Honda medapatkan layanan purna jual berkualitas,” ujar Muhib.

Sebagai informasi, SMK ini telah menjadi mitra binaan AHM sejak 2012 silam dan berstatus Grade A+ atau SMK TUK pada 2016 silam.

Dalam menerapkann konsep baru tersebut, SMK Bina Mandiri Bekasi bekerja sama dengan AHASS 8099 Muni Subadja yang berada di kawasan Bintara- Bekasi, Jawa Barat.

“Terima kasih untuk AHM dan DAM atas kepercayaannya kepada sekolah kami untuk menjadi SMK pertama di Indonesia yang resmi memiliki POS AHASS TEFA,” kata Kepala Sekolah SMK Bina Mandiri Endah Sulistiani.

“Semoga bisa bermanfaat buat peserta didik kami, khususnya para siswa-siswi dari jurusan kurikulum TBSM,” tutup Endah. [dp/MTH]