DAPURPACU – Setelah penyelenggaraan di Tangerang sukses meraup animo yang tinggi dari masyarakat, Surabaya menjadi lokasi berikutnya dari GIIAS 2022 The Series.
Berlangsung di Grand City Convex, gelaran otomotif yang digagas oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) ini dihelat pada 14-18 September nanti.
Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menuturkan, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya selalu menjadi agenda penting bagi industri otomotif di Tanah Air.
Hal ini, lanjut Nangoi, terkait terus diperkenalkannya keragaman model dan teknologi baru dari kendaraan, khususnya elektrifikasi di dunia.
Kehadiran berbagai inovasi teknologi otomotif yang diboyong ke GIIAS Surabaya juga bertujuan untuk menunjukkan gerak pertumbuhan industri otomotif nasional.
“Penting bagi Gaikindo untuk memberikan informasi mengenai teknologi otomotif masa depan, terutama tentang kendaraan listrik,” tambah Nangoi, dalam siaran resminnya.
“Khususnya di Jawa Timur yang merupakan salah satu kekuatan industri otomotif nasional, menjadi faktor kuat yang dapat mempercepat tercapainya ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujarnya.
Dijadwalkan Menteri Perindustrian dan juga Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan membuka secara resmi perhelatan itu, sebagai bentuk dukungan Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif.
Nangoi pun berjanji menampilkan ragam teknologi dan produk otomotif terkini yang dihadirkan kepada publik Surabaya. Sebagai informasi, GIIAS 2022 Surabaya diikuti 13 merek mobil.
Mereka diantaranya Audi, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW dan Wuling, serta industri pendukung otomotif lainnya.
Rangkaian merek sepeda motor juga turut meramaikannya, mulai dari Honda Motor, Benelli dan keeway. Rangkaian model baru dengan lebih dari 20 unit termasuk kendaraan berbasis listrik juga akan hadir di sana.
Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah mengatakan, seluruh peserta pameran begitu antusias untuk memperkenalkan berbagai produk kendaraan terbaru dan kendaraan listrik.
Masyarakat dan pengunjung, tutur Rizwan, dapat merasakan langsung teknologi kendaraan terbaru tersebut di area test drive dan test ride. Meski area yang disediakan berada di luar gedung (outdoor).
GIIAS Surabaya 2022 dibuka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB pada hari kerja dan 10.00 – 21.00 WIB khusus di akhir pekan. Sementara untuk tiket hanya dijual secara online melalui aplikasi GIIAS Auto360.
Pemesanan tiket pre-sale sudah dimulai sejak 1 September lalu melalui aplikasi yang tersedia pada Appstore dan Playstore. Penawaran khusus juga diberikan.

Setiap transaksi pembelian unit sepeda motor dan mobil di marketplace Auto360 selama pameran GIIAS Surabaya 2022, akan mendapatkan cashback senilai Rp2 – 5 juta.
Tak kalah penting, Astra Financial kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS Surabaya 2022, yang menghadirkan 9 dari 14 unit bisinisnya untuk kemudahan transaksi.
Sembilan unit bisnis tersebut adalah FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, dan MauCash, Moxa dan SEVA.
Project Director Astra Financial – GIIAS Surabaya 2022, Tan Chian Hok menuturkan, Jawa Timur merupakan salah satu pasar otomotif terbesar dan strategis di Indonesia.
“Astra Financial berkomitmen senantiasa mendukung perkembangan industri otomotif Jawa Timur, khususnya dengan menjadi sponsor platinum GIIAS Surabaya 2022,” tandasnya. [dp/MTH]