Busworld Southeast Asia 2022 Siap Digelar, Suguhkan Berbagai Bus Unggulan

DAPURPACU – Global Expo Managemen (GEM) Indonesia dengan Busworld Indonesia yang berpusat di Belgia, kembali menghadirkan pameran bus terbesar di Asia Tenggara.

Pameran yang dinamakan Busworld Southeast Asia 2022 tersebut diagendakan berlangsung pada 5-7 Oktober 2022, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran ini sendiri siap diramaikan oleh beberapa karoseri ternama lansiran Indonesia, seperti Adiputro, Laksana, New Armada dan juga Tentrem.

Sementara itu, perusahaan bus besar dari luar negeri juga bakal ikut ambil bagian meramaikannya, diantaranya yaitu Zhongtong dan Golden Dragon.

Tak hanya itu, industri maupun perusahaan komponen pendukung bus baik dari dalam maupun luar negeri juga ikut meramaikan pameran tersebut.

Busworld Southeast Asia 2022 menjanjikan bakal memberikan berbagai kejutan kepada publik. Pengunjung yang datang langsung bisa menyaksikan produk baru para peserta pameran, baik bus listrik, bus premium, bus pariwisata dan lainnya.

Direktur PT GEM, Baki Lee mengatakan, peserta yang hadir dalam pameran ini nantinya akan ada berbagai pabrikan, pengunjung atau pengusaha bahkan calon pengusaha pelaku bus.

“Mereka akan berkumpul, melihat dan menyaksikan langsung jajaran bus yang diinginkan,” ujar Baki, saat konferensi pers Busworld Southeast Asia 2022 di Jakarta, Selasa (20/9).

Pihak GEM Indonesia juga memaparkan kesiapannya untuk mengedukasi pengunjung terkait adaptasi sistem bus setelah era pandemi, sekaligus implementasi bus nol emisi di Asia Tenggara.

Untuk itu, lanjut Baki, pihaknya menargetkan selama tiga hari pameran bus itu berlangsung akan dikunjungi sekitar 15.000 orang, baik dari dalam maupun luar negeri.

Tak hanya itu, diyakini pameran itu juga akan dikunjungi dari berbagai latar belakang, seperti operator bus, agen perjalanan, pusat rental kendaraan dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan armada bus.

Seperti diketahui, pengembangan ekosistem kendaraan listrik telah menjadi salah satu fokus utama pemerintah saat ini. Termasuk angkutan transportasi massal.

Bus dalam kota dan Bus Rapid Transit (BRT) menjadi bentuk dari pengembangan bus listrik. Ini terbukti dari banyaknya daerah di Indonesia yang mulai menggunakan bus listrik sebagai transportasi umum. [dp/IS]