Waspada, Lalai Rawat Bodi Mobil di Musim Hujan ini Akibatnya

DAPURPACU – Dapat dikatakan jamur dan karat menjadi salah satu ‘penyakit’ pada bodi mobil yang harus dihindari pada kendaraan. Terlebih pada musim penghujan seperti saat ini.

Persoalan utama dengan munculnya jamur dan karat, sudah pasti, tampilan mobil menjadi tidak lagi menarik sekaligus sempurna. Gampangnya, merusak tampilan.

Hal itu ditegaskan oleh Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, munculnya jamur dan karat juga bisa membuat komponen kendaraan menjadi lebih cepat rusak.

Untuk itu, menurut Tara, pemilik harus lebih ekstra lagi dalam melakukan perawatan mobilnya. Apalagi saat ini musim hujan kembali datang dan diyakini akan terus terjadi sampai awal tahun depan.

“Sebaiknya secara rutin melakukan perawatan kendaraan, dan bisa memanfaatkan bengkel Body & Paint Auto2000 dengan kualitas berstandar Toyota Jepang.

lalai merawat bodi mobil dapat memunculkan karat.

Berikut tips Auto2000 kepada para pelanggannya supaya mobil terhindar dari masalah-masalah tersebut di atas.

Baca juga:  Mudahnya Miliki All New Innova Zenix, Ada Promo Penjualan dan Aftersales Loh!

Lokasi Parkir Mobil

Sebisa mungkin parkirlah mobil di lokasi yang memiliki atap, menghindari bodi dari terpaan curah hujan secara langsung. Begitu juga bila tiba-tiba matahari muncul dari balik awan, dan menyorot langsung ke bodi mobil.

Rajin Mandikan Mobil

Jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama di bodi mobil. Segera mandikan mobil atau semprot dengan air rumah setelah mobil diguyur hujan, supaya tak meninggalkan jamur.

Jangan hanya bodi saja, juga bagian kolong mobil di mana berpotensi terkena cipratan genangan air hujan, yang tercampur dengan zat-zat kimia dan bisa menyebabkan karat.

Cuci mobil secara menyeluruh juga sebaiknya dilakukan ketika mobil baru saja melalui wilayah yang dekat dengan pantai atau bahkan terkena air pantai yang mengandung garam berlebih.

Waspada Getah dan Serangga

Pada saat perjalanan panjang atau ke luar kota, pastikan bodi mobil aman dari bekas-bekas benturan dengan serangga atau terkena getah pepohonan.

Baca juga:  Auto2000 Resmikan Empat Gerai Baru Otoxpert di Tiga Wilayah ini

Bila ternyata ditemukan kondisi seperti itu, sebaiknya jangan dibiarkan lama, dan sebaiknya langsung cuci mobil menggunakan sampo khusus yang direkomendasikan.

Goresan Pada Cat Mobil

Kemudian yang perlu juga jadi perhatian, pastikan cat pada bodi mobil tidak ada yang terkelupas, entah itu akibat benturan atau hal lainnya. Sebab, celah ini bisa berpotensi menyebabkan karat.

“Segera sambangi cabang Auto2000 terdekat atau booking melalui Auto2000 Digirooom,” tutup Tara, dalam siaran resminya. [dp/MTH]