Cara Mudah Bersihkan Kerak dan Jamur di Hand Grip Motor

DAPURPACU – Bicara perawatan sepeda motor tidak melulu soal sektor mesinnya, seperti penggantian oli misalnya. Namun tak kalah adalah tampilan yang juga harus dijaga.

Dengan menjaga bagian fisik motor terutama yang terlihat oleh mata, tentu berdampak pada kebersihan secara keseluruhan pada tunggangan. Namun ada beberapa komponen yang mudah luput, salah satunya hand grip.

Pada komponen ini sering kali terdapat kerak dan jamur yang terkadang cukup sulit untuk dibersihkan meski sering dicuci di bagian tersebut.

Handgrip biasanya berbahan karet sehingga kotoran mudah menempel dan menumpuk dibagian yang sering terkena tangan. Terlebih jika pengendara jarang menggunakan sarung tangan.

Tak hanya itu penyebab lain adanya kotoran bisa karena cuaca atau juga karena sepeda motor jarang digunakan dan disimpan di tempat yang kotor dan lembab.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, hand grip yang berjamur dan berkerak tentu saja bisa menjadi sarang kuman.

Baca juga:  Pre Order Dimulai, ECGO EV Moto Langsung Kasih Subsidi

Bahkan berpotensi menjadi salah satu penyebab penyakit, karena hand grip motor adalah bagian yang sering bersentuhan dengan telapak tangan ketika dipakai berkendara.

“Kami sarankan menggunakan sarung tangan saat berkendara, selain menjaga supaya tangan tetap bersih juga lebih aman dari gesekan dan cuaca,” ujar Ade, dalam siaran resminya.

Jika hand grip sudah kotor, atau sampai berkerak dan berjamur terutama bagian kanan, namun bila masih kondisi dan berfungsi baik, solusinya cukup dibersihkan saja.

Berbeda dengan bagian bodi motor yang terbuat dari plastik, atau bagian lain dari part logam, membersihkan hand grip yang terbuat dari karet tentu cukup mudah.

Langkah pertama adalah cuci terlebih dahulu, kemudian untuk membersihkannya disarankan memakai cairan khusus atau cairan pencuci piring yang dapat digunakan pada material karet.

Setelah itu teteskan cairan pembersih tersebut ke bagian yang kotor dan bersihkan menggunakan sikat terutama jika bagian bawah yang sering kali berkerak.

Baca juga:  Komunitas ini Siap Rangkul Pengguna Honda CB150X di Kota Depok

Selanjutnya bilas menggunakan air hangat sampai kotoran dan kerak di bagian hand grip bersih. Terakhir, gunakan lap kain atau kanebo yang bersih untuk mengeringkan. [dp/MTH]