Lini Model Royal Enfield Bakal Dirakit CKD di Brazil

DAPURPACU – Royal Enfield resmi mengoperasikan pabrikan perakitan (Completely Knocked-Down/CKD) terbarunya di Amerika Latin. Tepatnya di Manaus, Ibu kota negara bagian Amazonas, Brazil.

Dengan diresmikannya fasilitas baru ini menjadi pabrik perakitan ketiga pabrikan motor asal India itu di wilayah Amerika, sekaligus yang keempat di seluruh dunia, di luar India.

Fasilitas CKD Brasil yang baru ini untuk memperkuat komitmen jangka panjang pabrikan, khususnya di wilayah Brasil dan Amerika Latin. Dijadwalkan fasilitas ini akan beroperasi segera untuk memproduksi rangkaian motor bermesin 250 cc- 750 cc.

Langkah ini merupakan kemajuan signifikan dalam rencana strategis Royal Enfield di Amerika Latin, dan menegaskan kembali komitmennya di wilayah tersebut.

Hal ini dikarenakan Brasil diklaim merupakan pasar yang kuat bagi Royal Enfield. Sebelumnya, tiga pabrik perakitan CKD yang sudah berdiri yaitu di Thailand, Kolombia dan Argentina.

Nantinya fasilitas CKD di Brasil ini diklaim mampu merakit hingga lebih dari 15.000 unit per tahun, untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat di negara itu.

Untuk model-model Royal Enfield yang bakal dirakit diantaranya Classic 350 baru, Meteor 350, Himalayan, Twins 650, Continental GT dan Interceptor.

Di sisi lain, dengan adanya pabrik perakitan tersebut membuat Royal Enfield dapat memastikan jadwal pengiriman yang lancar dan lebih cepat untuk pelanggan.

CEO Royal Enfield, B Govindarajan mengaku telah bekerja secara ekstensif untuk menumbuhkan segmen sepeda motor kelas menengah secara global. Termasuk memperkuat pasar di Amerika Latin.

Keoptimisan ini dibuktikan dengan tumbuhnya populasi sepeda motor Royal Enfield di negara tersebut yang diklaim hingga mencapai lebih dari 100 persen sejak 2019 lalu.

“Fasilitas baru ini akan membantu kami menumbuhkan pasar, sekaligus memudahkan kami memenuhi permintaan yang terus meningkat secara efisien,” paparnya.

“Dengan pasar seperti Amerika, Eropa dan Asia-Pasifik yang terus tumbuh secara signifikan, kami memiliki rencana strategis untuk hadir lebih dekat dengan pelanggan, sekaligus mengembangkan bisnis,” tambahnya.

“Karena itu, kami senang dapat meluncurkan fasilitas CKD keempat secara global di Brasil, dan ini bukti komitmen kami terhadap wilayah dan potensi pasar Amerika Latin, serta untuk komunitas penggemar yang ada di sana,” tandasnya.

Setelah membuat langkah signifikan di negara ini dan di seluruh wilayah Amerika, Royal Enfield kini berada di posisi lima pemain teratas di segmen sepeda motor menengah di negara-negara seperti Brasil, Argentina, Kolombia, Meksiko, dan Amerika Utara.

Dengan basis konsumen yang terus berkembang dan jaringan ritel yang signifikan di wilayah itu, perakitan lokal yang baru menjadi pendorong penting bagi pertumbuhan bisnis di Amerika Latin. [dp/MTH]