Turing Akhir Tahun, Persiapkan Sepeda Motor Sejak Dini

DAPURPACU – Momen tutup tahun lazim diisi dengan berbagai kegiatan, baik dengan keluarga besar maupun bersama rekan sejawat. Bagi seorang biker biasanya melakukan perjalanan.

Lokasi-lokasi menarik sudah pasti dibidik untuk mereka menghabiskan malam pergantian tahun itu. Dengan menggunakan sepeda motor, menjadi alternatif transportasi yang praktis untuk digunakan menemani mobilitas selama liburan.

Nantinya mereka cukup yakin mampu membelah kemacetan yang biasa terjadi pada momen itu. Maka penting bagi pengendara untuk tetap berhati-hati saat berkendara selama liburan bersama keluarga ataupun kerabat terdekat.

Instruktur Yamaha Riding Academy Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Muhammad Arief mengakui, liburan akhir tahun seringkali dimanfaatkan para bikers untuk turing.

“Dari beragam transportasi, sepeda motor menjadi salah satu alternatif transportasi yang praktis untuk membelah lalu lintas yang diyakini cenderung lebih padat,” ujar Arief.

Persiapkan kondisi tubuh dan motor agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Untuk mendukung kenyamanan selama perjalanan menggunakan sepeda motor, ada baiknya pengendara dapat memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

Baca juga:  Pre Order Dimulai, ECGO EV Moto Langsung Kasih Subsidi

1. Pastikan kondisi dalam keadaan sehat.
Berkendara sepeda motor membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat, dikarenakan akan bersentuhan langsung dengan udara panas di siang hari atau malam hari yang dingin.

Ada baiknya Anda beristirahat cukup dengan tidur lebih awal dan dianjurkan untuk menghindari begadang sebelum melakukan perjalanan panjang.

2. Pastikan kondisi motor dalam keadaan baik sebelum digunakan
Cek kondisi rem, rantai, aki, oli, ban, serta seluurh penerangan pada sepeda motor sebelum berkendara, terutama pengecekan lampu depan, rem, belakang dan sein.

Jika akan berpergian dengan jarak tempuh yang jauh, ada baiknya pengendara disarankan melakukan pengecekan terlebih dulu ke bengkel resmi terpercaya.

Cek kondisi motor sebelum melakukan turing.

3. Menggunakan perlengkapan wajib berkendara
Pengendara wajib menggunakan perlengkapan standar berkendara untuk keselamatan dan kenyamanan dalam menghadapi beragam cuaca saat berkendara, seperti jaket, sarung tangan, helm bervisor bening, sepatu tertutup.

Baca juga:  Glamour Auto Boutique Siap Berikan Layanan Papan Atas Bagi Konsumen

Selain itu, pengendara juga disarankan membawa perlengkapan berkendara cadangan seperti jas hujan model setelan maupun pelindung sepatu (rain cover boots).

4. Pahami rute dan estimasi waktu
Pengendara disarankan memahami rute yang akan dilalui dan estimasi waktunya, sehingga dapat dipersiapkan kebutuhannya, mulai dari membawa minuman, cemilan dan tempat singgah untuk istirahat.

5. Membawa barang sesuai dengan kapasitas motor
Pengendara disarankan membawa barang seperlunya yang menjadi prioritas, menyesuaikan kapasitas sepeda motor, terutama saat berkendara bersama keluarga atau kerabat tentunya akan banyak barang yang dibawa.

Pengendara dapat menggunakan sepeda motor dengan bagasi luas dan memanfaatkan double hook atau gantungan barang ganda yang ada pada motor, salah satunya Yamaha Fazzio Hybrid-Connected.

6. Memanfaatkan fitur pada motor untuk kebutuhan darurat
Jika berpergian ke tempat wisata baru, seringkali dibutuhkan arahan rute melalui smartphone secara berkala tanpa perlu khawatir kehabisan baterai, dengan memanfaatkan electric power socket.

Baca juga:  Glamour Auto Boutique Siap Berikan Layanan Papan Atas Bagi Konsumen

Jika terjadi kendala diluar prediksi saat perjalanan, bagi Anda pemilik motor Yamaha dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha App untuk menemukan informasi diler terdekat.

Atau manfaatkan fasilitas Service Kunjung Yamaha sekaligus My Yamaha Motor Members, untuk menikmati fasilitas dengan pengumpulan poin, yang didapat berdasarkan dari aktivitas berkendara dan transaksi. [dp/MTH]