Honda CR-V FCEV Siap Diproduksi di Amerika Pada 2024

DAPURPACU – Honda berencana akan memproduksi kendaraan listrik berbasis bahan bakar hidrogen (Hydrogen Fuel Cell Electric Vehicle/FCEV) di Amerika Serikat pada 2024.

Diagendakan CR-V menjadi model pertama Honda yang bakal mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan itu, sejalan dengan komitmen zero emission Honda pada 2050 mendatang.

Untuk itu, Honda telah menunjuk pusat pengembangan serta pabrik guna memproduksinya di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio, Amerika Serikat.

Vice President of Auto Planning & Strategy for American Honda Motor Co., Inc., Gary Robinson mengatakan, Honda menetapkan tujuan untuk mewujudkan netralitas karbon di 2050.

“Dimana pada 2040 mendatang, kami berkeinginan untuk memiliki lini kendaraan bermotor listrik yang lengkap,” tutur Gary, dalam siaran resminya, Kamis (5/1).

“Maka dari itu, kami mempercepat rencana perusahaan untuk memproduksi baterai kendaraan listrik Honda di Amerika Serikat,” tandasnya.

Honda CR-V menjadi model yang dipilih untuk teknologi FCEV karena SUV ini memiliki peran penting dalam strategi elektrifikasi Honda di Amerika Serikat.

Medium SUV generasi keenam ini menjadi model terlaris sekaligus menjadi mobil favorit konsumen, dikarenakan memiliki desain eksterior yang tangguh dan desain interior yang sporty serta modern.

Tak kalah penting, Honda CR-V diklaim memiliki performa mesin yang bertenaga dan nyaman, serta mempunyai ruang penyimpanan yang lapang.

Teknologi FCEV digerakkan oleh motor listrik berbahan bakar hidrogen. Kendaraan yang mengadopsi teknologi ini mempunyai tangki yang menjadi tempat hidrogen, layaknya tangki bahan bakar yang terdapat di kendaraan konvensional.

Dari bahan bakar hidrogen ini akan menjadi sumber energi yang akan menjalankan motor listrik pada kendaraan dimana kendaraan ini tidak melepaskan zat CO2 maupun emisi berbahaya lainnya. [dp/MTH]