Daihatsu Berikan Edukasi Penting Saat Pelanggannya Mudik

DAPURPACU – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar kegiatan Auto Clinic, dengan melibatkan Sahabat Klub yang datang dari 21 komunitas dan club Daihatsu pada 19 Maret 2023 lalu.

Berlangsung di outlet Astra Daihatsu Karawang, Jawa Barat, dalam kegiatan tersebut Daihatsu menggandeng GT Radial untuk memberikan seputar tips dalam menghadapi musim mudik kelak.

“Program edukasi ini merupakan salah satu komitmen kami kepada pelanggan setia Daihatsu, khususnya Sahabat Klub,” kata Ben Faqih, People Development Department Head PT ADM.

Dihadiri tidak kurang dari 73 anggota dari 21 komunitas resmi binaan Daihatsu, berbagai tips mudik nyaman dan aman disampaikan oleh Senior Instructure Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

Seperti diketahui, jelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran, salah satu tradisi unik seperti mudik atau pulang kampung menjadi euphoria tersendiri bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia.

Baca juga:  Daihatsu Terios Graphite, Cocok Bagi Pecinta Petualang

Dan mobil pribadi tentu menjadi pilihan terbaik, mengingat bisa saja selama diperjalanan Anda bakal mampir di beberapa titik untuk sekadar beristirahat sejenak.

Untuk itu, Sony menekankan agar tidak membawa barang bawaan terlalu banyak selama perjalanan mudik. Terlebih jika kendaraan yang digunakan berdimensi kecil di bagasinya.

Menurut Sony, safety loading wajib diterapkan bagi pemudik yang bakal menempuh perjalanan jauh. Secara teknis, memuat dan membawa barang bawaan selama berkendara perlu memperhatikan beberapa hal.

Seperti faktor internal dalam memahami cara mangatur dan meletakkan barang terkait dengan beban dan dimensi barang yang layak dibawa, serta faktor eksternal seperti kondisi cuaca, medan jalan, hingga kemampuan kendaraan membawa beban.

“Dalam menghadapi kedua faktor tersebut di atas, penting dilakukan untuk selalu mempertimbangkan dimensi barang bawaan,” jelas Sony, dalam siaran resminya, Kamis (23/3).

Pastikan jenis dan dimensi barang yang dimuat dalam keadaan aman dan muatan tidak menghalangi visibilitas pengemudi dan pengendara lainnya. Terpenting adalah muatan tidak melebihi dimensi mobil, demi alasan keamanan dan kenyamanan.

Baca juga:  Daihatsu Ajak Komunitas Mobil dan Motor Seru-seruan di GIIAS 2024

Kemudian kenali kemampuan dalam berkendara sekaligus kendaraan yang digunakan, selalu jaga jarak karena dengan membawa muatan pastinya membutuhkan usaha pengereman yang lebih bila terjadi kondisi yang memaksa melakukan pengereman mendadak.

Terakhir yaitu selalu pastikan seluruh ban dalam kondisi prima karena bagian utama dalam menyangga beban pada mobil adalah pada sektor tersebut.

Di beberapa model Daihatsu dibekali fitur keselamatan yang lengkap, seperti fitur HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ABS (Anti-Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brake Distribution).

“Dengan memberi pengetahuan tentang safety driving, kami ingin mencetak sebanyak mungkin pelopor keselamatan berlalu lintas. Semoga sharing ini dapat bermanfaat dan diterapkan para pelanggan,” tutup Ben.

Bersamaan dengan acara ini, Daihatsu juga berikan servis cepat berupa pengecekan 21 item secara gratis kepada seluruh peserta yang hadir. [dp/TH]

Previous articleMengulik Lebih Dekat Teknologi Transmisi D-CVT
Next articleWuling Hadirkan Alvez Sebagai Grand Prize di Ajang GOTF 2023