Inilah 3 Mobil Daihatsu Hasil Penerapan Platform DGNA

DAPURPACU – Daihatsu terus mengembangkan kendaraannya dengan teknologi terkini yang diwujudkan dengan penerapan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture) pada beberapa model kendaraannya di Indonesia .

DNGA sendiri merupakan singkatan dari Daihatsu New Global Architecture, dimana konsep ini mengikuti induknya yaitu TNGA Toyota. Toyota telah lebih dulu mengembangkan teknologi Toyota New Global Architecture. Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan DNGA? DNGA merupakan sebuah platform yang dikembangkan oleh Daihatsu, dimana platform tersebut memiliki beberapa konsep untuk diaplikasikan pada mobil besutannya.

Konsep yang dikembangkan yaitu produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, dan teknologi terkini. Dalam konsep DNGA Daihatsu, efisiensi kendaraan sangatlah diperhatikan bahkan hingga ke detail terkecil.

Berat, ukuran, waktu, dan juga harga menjadi komponen-komponen yang sangat diperhatikan sehingga menghasilkan mobil yang lebih efisien. Konsep yang diusung oleh Daihatsu dalam menggunakan platform DNGA adalah 1-1-1-1. Konsep tersebut tidak sekedar konsep, namun memiliki filosofi 1 gram, 1 millimeter, 1 sen, dan 1 detik. Filosofi tersebut menunjukkan bahwa Daihatsu sangat memperhatikan setiap aspek pembuatan mobil dengan teknologi DNGA hingga ke detail terkecil.

Baca juga:  Tutup Semester 1 2024, Daihatsu Sigra Terjual 30.013 Unit

Hal ini menjadikan mobil-mobil yang menggunakan DNGA platform memiliki performa maksimal dengan mesin lebih halus. Selain itu, dari segi harga tentu saja juga lebih terjangkau. Konsep DNGA sendiri telah mulai dikembangkan dan diaplikasikan di Jepang sejak tahun 2017. Teknologi ini sudah diterapkan pada beberapa jenis mobil yang dipasarkan di Jepang. Meski demikian, platform ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 2021.

Daihatsu Rocky merupakan generasi kedua yang mengaplikasikan DNGA Di Jepang telah rilis pada tahun yang sama dengan New Tanto. Rocky merupakan kolaborasi kelima antara Daihatsu dengan Toyota yang memiliki teknologi TNGA. Dan di Indonesia sendiri Daihatsu Rocky menjadi mobil pertama yang menggunakan teknologi DNGA. Mobil ini telah mulai diperkenalkan secara virtual di Indonesia sejak bulan April 2021.

Kemudian disusul oleh All New Xenia ditahun yang sama (2021), Xenia sendiri telah hadir di Indonesia sejak tahun 2004, dan dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama “mobil sejuta umat”. All New Xenia merupakan generasi ke-3 yang hadir di Indonesia, dan kedua di Indonesia yang menggunakan platform DGNA (Daihatsu New Global Architecture).

Baca juga:  Daihatsu Siap Wujudkan Mimpi Miliki Mobil Tangguh dan Irit di GIIAS 2024

Ditahun 2023 ini muncul All New Astra Daihatsu Ayla yang juga menggunakan platform DGNA, Mobil Daihatsu Model low cost green car (LCGC) hatchback generasi teranyar ini sudah diperkenalkan pada Februari lalu dibanderol mulai dari harga Rp134.000.000 – Rp189.900.000 OTR (On The Road) Jakarta.

Ayla tersedia dalam tiga varian utama mulai dari tipe M, X, serta R, plus varian dengan aksesoris terlengkap ADS (Astra Daihatsu Styling) yang terdapat mulai dari varian X hingga R.Dalam hal performa, All New Astra Ayla tersedia dengan dua pilihan mesin baru, yaitu 1.2L WA-VE DOHC Dual VVT-i, dan 1.0L KR-VE DOHC VVT-i. [dp/BGS]

dan (2023).

Previous articleMitsubishi XFC Concept ‘Show-off’ ke Hadapan Warga Bandung
Next articleMengulik Lebih Dekat Teknologi Transmisi D-CVT