Pahami Fitur-fitur Keamanan Sederhana ini di Sepeda Motor Honda

FIFAstra menggelontorkan promo menarik selama acara berlangsung bagi pengunjung.

DAPURPACU – Saat ini, perkembangan teknologi sepeda motor dari berbagai merek sejalan dengan fitur-fitur yang disematkannya, termasuk di dalamnya faktor keamanan dan keselamatannya.

Tak terkecuali bagi jajaran produk sepeda motor Honda yang beredar di pasaran. Berbagai inovasi fitur dan teknologi terbaik diyakini memberikan keamanan awal saat berkendara.

Rangkaian fitur itu mulai dari Anti-lock Brake System, Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan lain-lainnya dapat ditemui pada sepeda motor premium.

Honda pun tak luput juga memperhatikan fitur-fitur sederhana untuk keselamatan dan keamanan para penggunanya. Hal itu diamini Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman.

“Ada beberapa fitur sederhana untuk keselamatan di sepeda motor Honda, dimana fitur-fitur ini berdampak cukup besar untuk keselamatan pengendara,” jelasnya. Berikut adalah fitur sederhana untuk keselamatan yang ada pada sepeda motor Honda :

Side Stand Switch

Baca juga:  Simak, Tips Memilih Ban Yang Cocok Motor Anda

Fitur ini dapat ditemukan pada motor-motor matic Honda. Fitur tersebut secara otomatis dapat mematikan mesin sepeda motor saat standar samping diturunkan.

Mesin tak akan bisa dihidupkan sampai standar samping dinaikkan kembali. Dengan fitur ini, standar samping tak cuma berfungsi menahan posisi motor agar tetap berdiri saat motor terparkir, tapi kini jadi salah satu penunjang keamanan dan keselamatan berkendara.

Jadi, fitur ini akan mengurangi risiko kecelakaan akibat lupa menaikan standar saat akan berkendara dan mencegah motor jalan sendiri akibat tuas gas terputar secara tak sengaja saat sepeda motor berhenti dengan kondisi mesin menyala.

Tuas Pengunci Rem Belakang

Fitur berbentuk tuas pengunci rem belakang ini berfungsi membantu mengunci roda belakang terutama pada saat motor diparkir ditempat yang tidak rata, atau berhenti di jalan menanjak atau menurun.

Selain itu, Parking Brake Lock juga mampu menjadi salah satu fitur keselamatan bagi pengendara bahkan pada saat mesin motor mulai dinyalakan.

Baca juga:  Cara DAM Berbagi Ilmu Bengkel ke Jurnalis Lewat Skena Garage

Karena sistemnya yang dapat mengunci rem belakang motor, maka risiko ‘loncat’ karena memuntir tuas gas secara berlebihan atau mendadak dapat hindari.

Emergency Stop Signal (ESS)

Emergency Stop Signal (ESS) adalah fitur keselamatan pasif yang memberitahu pengendara di belakang bahwa pengendara di depan sedang melakukan pengereman mendadak atau panic braking.

Hal tersebut bertujuan supaya pengendara di belakang punya waktu untuk melakukan pengereman atau menghindari tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Selain ketiga fitur di atas, masih banyak fitur keselamatan yang dimiliki sepeda motor Honda. Bacalah buku pedoman pemilik kendaraan untuk mengenal lebih jauh sepeda motor Honda yang dimiliki. [dp/TH]

Previous articleHindari Rem Blong, Perhatikan Komponen di Kendaraan Niaga ini
Next articleBegini Tips Menyusun Barang Bawaan di Bagasi Dengan Benar