Begini Tips Menyusun Barang Bawaan di Bagasi Dengan Benar

DAPURPACU – Menata barang-barang yang akan dibawa saat bepergian termasuk kala meelakukan perjalanan mudik, menjadi faktor penting dalam menghadirkan kenyamanan selama berkendara.

Termasuk di dalamnya faktor keamanannya. Persiapan tersebut kadang terlewatkan oleh pemilik mobil, terlebih bila seluruh anggota keluarga turut serta.

Banyak cara dapat dilakukan agar seluruh barang yang dibawa bisa tertampung dengan rapi di dalam mobil. Atau bahkan cara termudah adalah dengan membeli roof box.

Bagi Anda yang tidak terpikirkan hal itu, ada yang harus diperhatikan yaitu menyusun koper-koper agar terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS mengatakan, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan ketika mengatur barang bawaan di bagasi mobil agar terlihat rapi dan tersusun secara aman selama perjalanan.

“Ketika hendak berpergian jarak jauh seperti mudik, pengendara harus memperhatikan keterbatasan ruang dalam bagasi mobil Anda,” tutur Hariadi, dalam siaran resminya.

Menurutnya, tentukan barang-barang penting yang sangat diperlukan sehingga membawa dan menata barang jadi lebih efektif, terutama untuk kebutuhan yang sering digunakan.

Selain itu, pengendara perlu memperhatikan juga posisi peralatan recovery mobil seperti dongkrak atau kunci darurat agar mudah dijangkau jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Baca juga:  Suzuki New XL7 Hybrid Mejeng di GIIAS 2024, Mobil Keluarga Irit BBM

“Selain penerapan tata letak barang, pengendara juga harus memperhatikan kondisi mobil dalam keadaan prima sehingga perjalanan lebih optimal,” tambahnya. Berikut cara menyusun barang bawaan agar tetap efektif diantaranya:

Mengoptimalkan Prinsip Center of Gravity

Sebelum perjalanan dimulai, pemilik mobil dapat mengatur barang-barang bawaan dengan menyusunnya mulai dari bobot paling berat dan dimensi paling besar di bagian paling bawah.

Disusul barang yang ukurannya lebih ringan yang dapat ditumpuk di atasnya. Hal ini untuk menghindari kerusakan barang akibat tertumpuk benda berbobot lebih berat karena adanya gaya gravitasi.

Untuk koper atau tas berisi barang-barang berharga seperti laptop, handphone, atau dompet, sebaiknya diletakkan di bagian paling atas dan tidak ditumpuk barang lain agar terhindar dari kerusakan serta lebih mudah untuk diambil.

Pastikan Beban Seimbang

Selain memperhatikan tata letak barang, pengendara juga perlu memperhatikan tata letak barang secara horizontal. Keseimbangan antara beban di sisi kanan mobil harus kurang lebih disamakan dengan beban di sisi kiri mobil.

Hal ini untuk menghindari efek limbung yang dapat menyebabkan mobil menjadi tidak stabil. Hal itu dapat terjadi jika beban lebih berat di salah satu sisi, dimana suspensi dan ban mobil akan mengalami tekanan yang tidak seimbang.

Baca juga:  Beli Mobil Baru, Simak Lima Tips ini Terlebih Dahulu

Perhatikan Pengaturan Interlock

Dalam mengatur posisi barang, pengendara harus memperhatikan posisi barang sebisa mungkin rapat ke bagian bodi mobil bagian kanan maupun kiri.

Jangan sisakan ruang kosong yang dapat menyebabkan barang bergeser. Adanya pergeseran barang dapat menimbulkan kerusakan karena goncangan atau gesekan antar barang.

Hal ini juga disetujui oleh Registra, Brand Representative Samsonite Indonesia di kawasan Pondok Indah. Menurutnya, tata letak dan cara menyusun barang yang benar, memberikan rasa aman dan nyaman selama berkendara.

“Ketika hendak membawa barang-barang besar seperti koper di bagasi mobil, baiknya rapatkan barang agar mengunci satu sama lain. Hal ini meminimalisir guncangan yang menyebabkan kerusakan pada koper,” terangnya.

Pertimbangkan Daya Muat Mobil

Pengendara harus mempertimbangkan muatan barang yang dibawa, yang ditambahkan dengan berat penumpang juga. Beban ini dibandingkan dengan daya muat mobil dan usahakan tidak melebihi beban maksimum mobil.

Sesuai buku pedoman Suzuki, mobil MPV dengan kapasitas tujuh penumpang beban maksimumnya adalah 540 kg. Selain itu, membawa muatan berlebih berdampak pada penggunaan bahan bakar.

Baca juga:  Perdana di Asia Tenggara, Suzuki eVX Bakal Hebohkan GIIAS 2024

Hal ini dikarenakan mobil akan bekerja lebih keras dan membutuhkan putaran mesin lebih tinggi untuk berakselerasi dengan adanya beban yang melebihi kapasitas tersebut.

Maka dari itu, bawalah barang yang sesuai dengan kebutuhan saat berkunjung ke rumah keluarga, menghindari membawa beban berlebih dan sesuaikan dengan kapasitas mobil Anda.

Gunakan Pengikat Dalam Bagasi

Setelah menerapkan empat poin di atas, pengendara juga dapat menggunakan tali atau bracket (jaring) untuk memastikan barang di bagasi tidak mudah bergeser atau berpindah tempat.

Selain mudah rusak, barang-barang yang mudah bergeser di bagasi berpotensi menjadi berantakan dan dapat mencelakai kondisi bagasi karena gesekan yang mengakibatkan lecet di interior mobil.

Hariadi mengimbau, selain penerapan tata letak barang, pengendara juga harus memperhatikan kondisi mobil dalam keadaan prima sehingga perjalanan lebih optimal.

“Untuk pengguna All New Ertiga Hybrid, disarankan melakukan pengecekan mobil terlebih dahulu di bengkel resmi Suzuki untuk memastikan kondisi mobil yang sehat,” tutup Hariadi. [dp/TH]

Previous articlePahami Fitur-fitur Keamanan Sederhana ini di Sepeda Motor Honda
Next articleAplikasi ini Bikin Pemilik Motor United E-Motor Bisa Kontrol Tunggangan