Hankook ‘Utus’ iON Race Hadapi Tantangan di Jakarta E-Prix 2023

DAPURPACU – Untuk kedua kalinya Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, menjadi lokasi digelarnya ABB FIA Formula E Championship seri 10-11 pada 3-4 Juni.

Pada gelaran double-header ini produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire telah menyiapkan ban khusus untuk nantinya digunakan tim yang berlaga yaitu iON Race.

‘Diutusnya’ ban jenis ini diklaim mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi para pebalap hingga memasuki putaran di Jakarta E-Prix ini, yakni suhu tinggi dan kelembaban.

Hal ini ditegaskan oleh Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia, Yoon Soo Shin yang mengatakan ban ini didesain untuk menguasai berbagai tantangan selama balapan berlangsung.

Menurutnya, suhu yang tinggi hingga mencapai 35 derajat celcius dan kelembaban di atas 80 persen merupakan faktor yang harus dipertimbangkan dalam penggunaan ban ini.

“Pada semua balapan di sepanjang musim ini mampu menunjukkan keandalannya dalam mendukung para pebalap di trek balapan mobil listrik ini,” tuturnya di Jakarta, Jumat (2/6) lalu.

Shin mengatakan, ban iON Race telah menghadapi seluruh iklim balapan sejauh ini dengan sangat baik. Pada Jakarta E-Prix, para pebalap akan melibas lintasan sejauh 2,37 km dengan 18 tikungan.

Tata letak sirkuit terinspirasi dari kuda dan akan dilewati searah jarum jam. Selain lintasan lurus start atau finish sepanjang 600 meter, sirkuit ini juga dilengkapi tikungan lambat, sedang dan cepat.

Tikungan pertama bisa menjadi momen bagi pebalap yang ingin menyalip. Hairpin atau tikungan 13 merupakan zona pengereman terberat di sirkuit, diikuti dengan tikungan tajam ke kanan.

Begitu pun pada tikungan ke 16 bakal dimanfaatkan para pebalap untuk dijadikan sebagai zona aktivasi untuk menyerang (attack mode) dan melewatinya.

Secara umum, ban ini memiliki keunggulan seperti 18 persen pengurangan kebisingan, 15 persen masa pakai, 6 persen peningkatan jangkauan baterai, hingga 10 persen stabilitas berkendara dibandingkan produk lainnya.

Jelang seri Indonesia, pebalap Selandia Baru, Nick Cassidy (Envision Racing) saat ini memimpin klasemen dengan koleksi 121 poin. Disusul Pascal Wehrlein dari Jerman di urutan kedua.

Pebalap tim Formula E Tagheue Porsche ini tertinggal 20 poin. Posisi ketiga dihuni pebalap Inggris Jake Dennis (Avalanche Andretti Formula E) dengan 96 poin. [dp/TH]

Previous articleJadi Member Honda VIP Platinum+, Banyak Untungnya Loh!
Next articleNissan Optimis Mampu ‘Libas’ Tantangan di Sirkuit Ancol