HMMI Gelar Hyundai Academy Course Libatkan 3 Sekolah Kejuruan, Ini Tujuannya

Foto by Hyundai Motors Indonesia

JAKARTA – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menggelar kegiatan bertajuk Hyundai Academy Course (HAC), yakni sebuah program bakti pendidikan untuk membangun dan meningkatkan kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Tanah Air. 

Program yang berlangsung sejak Juli 2023 hingga Mei 2024 mendatang itu melibatkan tak kurang tiga sekolah, yakni SMKN 1 Cikarang Pusat, SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, dan SMKS 1 PGRI Bojongmangu yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi. 

Program HAC sendiri terdiri dari empat program utama yaitu pelatihan pendidikan in-house, beasiswa, donasi 10 Hyundai STARGAZER sebagai mobil praktik yang bernilai lebih dari Rp. 2 Miliar, juga 75 set perabotan mebel sekolah ramah lingkungan. 

President Director PT HMMI, Bong Kyu Lee, mengatakan bahwa perusahaan percaya bahwa masa depan ada di tangan para pelajar yang tengah menimbah ilmu di sekolah.

“Untuk itu sebagai pelaku industri yang mencoba membentuk masa depan mobilitas, kami ingin membagikan ilmu secara langsung pada para siswa tersebut agar dapat melihat dengan lebih jelas bagaimana langkah Hyundai untuk membangun industri otomotif nasional,” kata Bong Kyu Lee saat peluncuran HAC di Bekasi, Rabu (23/8).

Baca juga:  Mobil Konsep Listrik 'Mungil' ini Mejeng di GIIAS 2024

“Harapan kami, program HAC dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan Indonesia sekaligus membangun tenaga kerja yang cakap untuk mendukung kemajuan mobilitas masa depan Indonesia,” tambahnya.

Adapun dalam program Hyundai Academy Course, HMMI menggelar kelas pengajaran otomotif, perkembangan teknologi Electric Vehicle, hingga praktik manufaktur. Mereka juga memberikan beasiswa berupa kebutuhan sekolah seperti buku, hingga seragam.

Dalam upaya link and match antara dunia industri dan pendidikan, HMMI juga mendonasikan 10 unit Hyundai STARGAZER yang disalurkan kepada Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP).

Foto by Hyundai

BBPVP sendiri berada di bawah naungan Kementerian Tenaga Kerja, Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kab. Bekasi dan SMK melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 

Sementara perabotan mebel ramah lingkungan diserahkan kepada SMK 1 PGRI Bojongmangu sebagai sekolah terdekat di wilayah pabrik HMMI. Ini merupakan tahun ke-3 bagi HMMI untuk kegiatan donasi peralatan sekolah. 

Baca juga:  Hyundai Bluelink Hadirkan Kenyamanan Pengguna Hyundai STARGAZER 

Sebagai langkah awal, melalui serangkaian proses seleksi, saat ini sudah terpilih 25 siswa SMK daerah Kabupaten Bekasi yang akan menjalani pelatihan di Hyundai Academy

Nantinya para siswa tersebut memiliki kesempatan mengikuti seleksi khusus rekrutmen di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia untuk melanjutkan karir mereka. 

Komitmen dan dukungan Hyundai untuk dunia pendidikan sudah terjalin sejak 2021 di mana HMMI mengadakan program magang untuk lulusan SMK di Kabupaten Bekasi. Sebanyak 50 siswa mengikuti kegiatan magang dan seleksi perekrutan setelahnya.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Hyundai untuk tumbuh bersama Indonesia dalam upaya mendorong pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk pendidikan berkualitas dalam meningkatkan keahlian dan kompetensi SDM yang terampil dan cakap” tutup Bong Kyu Lee.

Dalam peluncuran program Hyundai Academy Course, turut hadir Wakil Menteri Tenaga Kerja, Afriansyah Noor, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bekasi.

Baca juga:  Dibanderol Rp1,6 Miliar Lebih, MG Cyberster Bisa Dipesan di GIIAS 2024

Saat ini, jaringan dealer Hyundai berada di 131 titik di seluruh Indonesia. HMID pun menjamin ketersediaan suku cadang di Indonesia melalui program Hyundai Genuine Parts Availability 24 Hours Guarantee or Free yang didukung oleh fasilitas Hyundai Parts Center seluas 1,2 Ha yang berlokasi di Deltamas, Cikarang, yang mampu menyimpan lebih dari 30.000 items.

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan dan produk Hyundai terkini dapat Anda temukan di laman resmi HMID atau berbagai kanal medsos HMID, seperti Instagram @HyundaiMotorIndonesia, Youtube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID. [dp/ADV]

Previous articleHyundai STARGAZER X Hadir di Enam Kota Dengan Berbagai Program Menarik
Next articleChery Service Car, Siap Hampiri Konsumen Dengan Layanan Lengkap