Peugeot 308 Terbaru Dibenamkan Speaker Premium Lansiran FOCAL

DAPURPACU – Peugeot Global terus berinovasi, yang kali ini difokuskan pada sisi kenyamanan selama berkendara khususnya untuk New 308, melalui sistem FOCAL® Premium Hi-Fi.

Hadirnya penghasil suara pada lini Peugeot terbaru tersebut merupakan hasil desain selama lebih dari empat tahun lamanya dalam kemitraan dengan merek FOCAL.

Terintegrasi dalam Peugeot i-cockpit® pada 308 teranyar itu, sistem ini menawarkan pengalaman suara yang dibuat khusus dengan menggabungkan kenikmatan audio mumpuni sehingga menghasilkan kualitas suara jernih.

Tim Peugeot dan FOCAL pun telah berkolaborasi dalam menentukan lokasi khusus setiap speaker-nya. Tim melakukan studi silang terhadap bagian-bagian strategis (definisi pintu, kisi-kisi, hiasan, kaca, dll).

Hal ini dilakukan untuk menjamin tampilan terbaik di dalam kompartemen penumpang. Sistem diatur sedemikian rupa, sampai ke struktur boot yang mengaplikasi subwoofer.

Sistem audionya diklaim stabil dan presisi, serta suaranya jernih dan detail. Selain itu, suara bassnya dalam dan mencolok seperti keadaan di dalam pesawat terbang sungguhan.

Kolaborasi keduanya sudah terjalin sejak 2014, dan pertama kali diluncurkan dengan mobil konsep foodtruck Bistrot du Lion, FRACTAL, INSTINCT, e-LEGEND.

Kerja sama Peugeot dan FOCAL pun berlanjut dan diperluas ke lini model produksi yang dipasarkan saat ini, mulai dari 2008, 3008, 5008, 508, serta 508 SW.

Selama lebih dari 40 tahun, FOCAL diklaim sebagai merek referensi dalam pembuatan speaker, speaker high-fidelity untuk rumah, monitor untuk studio rekaman, headphone dan perlengkapan audio untuk mobil dan kapal.

Peugeot pun meminta tim FOCAL berdasarkan pengetahuan unik di penelitian dan pengembangan mereka di bidang audio mutakhir.

Terdapat 10 speaker FOCAL Premium Hi-Fi yang disematkan pada Peugeot 308 terbaru, yaitu 4 tweeter kubah aluminium terbalik TNF dan 4 buah woofer/medium dengan membran Polyglass dan suspensi TMD (Tuned Mass Damper) 16,5 cm.

Kemudian 1 saluran tengah poliglass, serta 1 subwoofer bulat telur tiga koil Power Flower™. Seluruhnya terhubung melalui amplifier 12 arah 690 W baru (teknologi kelas D yang ditingkatkan) yang didukung pemrosesan suara digital ARKAMYS.

Tweeter Aluminium TNF

Woofer-jarak menengah (16,5 cm) dan saluran tengah (8 cm) dengan membran Polyglass dan suspensi TMD (Tuned Mass Damper) Teknologi Polyglass eksklusif untuk Focal terdiri dari penerapan microbeads kaca halus ke kerucut pulp selulosa.

Proses ini memungkinkan untuk menyelaraskan redaman kertas yang sangat baik dengan kekakuan hampir 10 kali lebih tinggi dibandingkan polipropilena.

Kekakuannya bahkan melebihi indeks sekelas Kevlar® kulit tunggal. Penyesuaian rasio massa-kekakuan-redaman menghasilkan linearitas mumpuni pada kurva respon frekuensi, langsung dari desain diafragma.

Hadirnya inovasi dalam memberikan kenyamanan berkendara ini juga berarti peningkatan definisi yang signifikan di kelas menengah pada lini model Peugeot. [dp/TH]

Previous articleMG Tembus 509 SPK di GIIAS 2023, New MG ZS Mendominasi
Next articleUji Emisi Gratis di Bengkel Auto2000, Cek Lokasinya