DAPURPACU – Bearing merupakan salah satu komponen mekanis vital dalam konstruksi mesin pada sepeda motor, untuk meminimalisir gesekan antara dua bagian yang berputar.
Komponen yang biasa disebut laher ini dirancang khusus untuk ditempatkan di bagian mesin seperti poros dan dudukannya, sehingga memungkinkan gerak perputaran yang lebih lancar, halus dan efisien.
Pada sepeda motor, fungsi bearing sendiri sebagai bantalan yang menopang beban putaran di beberapa bagian baik di mesin maupun roda.
Komponen ini berguna untuk mengurangi gesekan antara bagian yang bergerak dan membantu transfer beban. Sehingga bearing memastikan semua bagian motor bisa bergerak dengan lancar
Adapun jenis bearing yang paling banyak digunakan di sepeda motor adalah tipe radial ball bearing, yang memiliki bantalan berbentuk bola baja dengan satu alur.
Radial ball bearing juga memiliki kode tertentu untuk menandakan dimensi dan karakter bearing itu. Setiap motor pasti menggunakan radial ball bearing dengan dimensi dan kode berbeda-beda.
Struktur radial ball bearing pada umumnya terdiri dari inner ring (cincin dalam), outer ring (cincin luar), ball steel (bola besi) dan retainer/separator.
Dari keempat bagian tersebut, retainer/penahan bola besi (ball) pada bearing bisa disebut menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas sebuah bearing.
Secara fungsi, retainer menjaga agar ball bearing tetap berada pada alurnya. Bearing radial untuk motor yang umum beredar saat ini menggunakan retainer terbuat dari bahan baja karbon.
Bearing dengan retainer baja memerlukan pelumasan ekstra karena gesekan antar besi yang akan menimbulkan potensi keausan cukup tinggi. Hal ini terjadi pada saat mesin pertama kali dihidupkan, di mana pelumas masih berada di bagian bawah gearbox.
Namun seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, terciptalah radial bearing yang memiliki retainer dengan bahan wood laminated phenolic/composite wood.
Bearing ini secara khusus diciptakan untuk meningkatkan kinerja mesin motor. Tak hanya itu, bearing dengan retainer composite wood dikenal memiliki daya tahan yang tinggi.
Engineer PT Faito Racing Development Indonesia, Gunawan memaparkan, bearing Faito S720 dengan retainer wood laminated phenolic (composite wood), memiliki beberapa sifat utama yaitu:
1. Tahan terhadap getaran tinggi;
2. Tahan terhadap temperatur tinggi;
3. Self lubrication (retainer mampu memberikan pelumasan pada ball bearing walaupun oli mesin belum dipompa ke seluruh bagian mesin) serta koefisien gesek yang rendah;
4. Tahan terhadap pengaruh korosi dan senyawa kimia;
5. Tahan terhadap keausan.
Material ini dibentuk secara presisi untuk memberikan daya luncur ball bearing yang baik dan mulus pada alurnya, serta tahan terhadap getaran dan mendukung putaran tinggi mesin.
“Selain menggunakan retainer berbahan wood laminated phenolic, bearing Faito S720 termasuk dalam kategori internal clearance atau celah bearing C4,” tuturnya dalam siaran resmi, Jumat (24/11).
Hal ini, lanjut dia, untuk memaksimalkan pelumasan ketika bearing bekerja dalam putaran tinggi. Keunggulan lainnya yaitu sifatnya yang dapat melumasi secara mandiri (self lubrication).
“Sehingga bearing Faito S720 mampu mengurangi terjadinya keausan saat mesin baru dihidupkan, di mana oli mesin belum disirkulasikan ke semua komponen mesin,” ujarnya.
Bagian lain dari Faito S720, seperti inner ring, outer ring dan ball bearing menggunakan bahan chromium steel. Bahan ini bersifat tahan aus, tahan fatigue, sehingga membuat bearing lebih awet.
Bearing Faito S720 diklaim sangat direkomendasikan untuk sepeda motor yang dipakai sehari-hari, maupun untuk motor yang digunakan untuk turing atau balap.
Tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari satuan hingga berupa paket sehingga lebih praktis dan ekonomis. Pengguna juga dapat menyesuaikan pilihan bearingnya sesuai dengan kebutuhan.
Adapun kemasan yang tersedia diantaranyabearing camshaft (noken as), bearing crankshaft (kruk as), bearing gearbox/gardan untuk matic, serta engine bearing set yang berisi bearing full set untuk mesin motor sport, bebek maupun matic.
Sebagai informasi, Faito menjadi salah satu produsen spare part aftermarket yang konsisten menjaga kualitas serta varian produk, khususnya bearing, untuk mendukung kebutuhan konsumen yang akan mengupgrade performa motornya.
“Setiap produk Faito diproduksi melalui berbagai proses riset dan pengujian di lintasan balap oleh tim R&D, untuk menjamin kualitasnya benar-benar dapat diandalkan,” tutup Gunawan.
Keunggulan teknologi bearing Faito S720 yang tersedia untuk motor tipe 2 tak dan 4 tak, maupun motor tahun lawas hingga model terbaru ini dapat diperoleh di partshop/speedshop terdekat di kota Anda, maupun di marketplace. [dp/TH]