Juragan99 Trans ‘Pinang’ 30 Unit Sasis Bus Mercedes-Benz

DAPURPACUID – Juragan99 Trans, unit bisnis transportasi milik J99 Corp., menambah lagi puluhan armada terbaru lansiran Mercedes-Benz untuk melayani rute AKAP dan pariwisata.

Total 30 sasis bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 yang diserahkan langsung oleh Transforma Oto Prima (TOP), selaku diler resmi truk dan bus Mercedes-Benz.

Seremoni serah terima unit ditandai penandatanganan kerja sama antara Juragan99 Trans dan TOP, yang disaksikan oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Rabu (6/12) lalu.

Nantinya secara bertahap ke 30 sasis bus Mercy OH 1626L Euro 4 akan diserahan kepada Juragan99 Trans, beserta dengan layanan purna jual demi kenyamanan dan keamanan seluruh armada.

Untuk mendapatkan seluruh sasis tipe medium dan big bus Mercedes-Benz ini, Juragan99 Trans menggelontorkan dana sebesar Rp550 juta hingga Rp1,2 miliar per unitnya.

Dengan kerja sama ini, Juragan99 Trans akan memiliki total 41 unit armada AKAP dan pariwisata, dimana keseluruhannya menggunakan sasis bus Mercedes-Benz.

Founder J99 Corp. sekaligus Juragan99 Trans, Gilang W. Pramana mengatakan bahwa pemilihan sasis yang tepat menjadi tahap pertama paling penting dalam membangun armada bus.

Tak hanya sebagai frame, sasis bus melingkupi mesin dan transmisi yang menentukan tenaga dan efisiensi bahan bakar, suspensi menjadi faktor penting untuk kenyamanan, kekuatan dan ketangguhan bus.

“Sejak 2018 hingga saat ini, hampir seluruh armada bus Juragan99 Trans yang beroperasi menggunakan sasis bus Mercedes-Benz,” imbuh Gilang, dalam siaran resminya.

“Kami membutuhkan sasis yang kuat dengan shock absorber dan stabilizer yang empuk dan sistem pengereman andal. Kualitas mesin juga sangat terjamin dan cocok untuk bus yang mengedepankan kepuasan dan keselamatan penumpang”, tambahnya.

Gilang menuturkan, penambahan armada menjadi salah satu upaya yang dilakukan seiring semakin banyaknya masyarakat yang menyukai perjalanan menggunakan bus.

Pertumbuhan ekonomi yang stabil di 5 persen dan mobilitas masyarakat yang semakin meningkat menjadi faktor pendukung penggunaan bus untuk perjalanan antar kota dan provinsi.

“Tentunya Juragan99 Trans akan terus meningkatkan layanannya. Bahkan, kini kami sudah memiliki rute Malang – Bali, yang artinya dengan bus kami kian lengkap membelah Pulau Jawa dari Jakarta hingga menyeberang ke Pulau dewata,” pungkas Gilang.

Selain penyediaan sasis, proses penambahan fitur dan fasilitas serta desain interior juga menjadi pertimbangan utama dalam perakitan bus di Juragan99 Trans.

Apalagi saat ini Juragan99 Trans telah menawarkan layanan berbagai armada bus mulai dari jenis premium hingga VIP, termasuk menjadi pioneer di lini sleeper bus.

Penambahan armada ini menjadi langkah lanjutan dimana Juragan99 Trans menargetkan 50 unit bus dalam dua hingga tiga tahun mendatang dan 100 bus dalam waktu lima tahun.

Di sisi lain, President Director DCVI, Naeem Hassim mengakui selalu berkomitmen menerapkan praktik bisnis yang berdampak baik bagi para pelanggan.

Dia pun menyadari industri transportasi senantiasa berkembang di Indonesia, dan pihaknya akan terus mendukungnya melalui layanan produk terbaik bagi para mitra dan pelanggan di berbagai daerah seperti Juragan99 Trans.

Penandatanganan kerja sama antara ini menjadi salah satu wujud support system yang turut memperkuat visi kami sebagai perusahaan kendaraan niaga yang terpercaya di Indonesia,” tandasnya.

Keunggulan Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4

Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 merupakan model baru DCVI dengan membawa berbagai keunggulan dan dipercaya akan menjadi andalan para pelaku usaha otobus.

Salah satu fitur menariknya yaitu penggunaan suspensi udara depan belakang dengan komposisi dua unit balon udara di depan dan empat balon udara di belakang.

Penerapan suspensi udara inilah yang menambah kenyamanan bagi para penumpang meski melewati kondisi jalan yang tidak mulus, ditambah lagi dengan kesenyapan suara (tidak berisik) sehingga membuat pengalaman naik bus menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, terdapat Anti-lock Braking System (ABS) yang menjadi standar dalam fitur pengereman bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4.

Bekerja sama dengan karoseri lokal, sasis ini juga mengusung konsep tambahan space frame yang dapat memberikan ruang bagasi yang lebih luas.

Sejalan dengan standar emisi terbaru, Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 menggunakan sistem Selective Catalytic Reduction (SCR) yang menggunakan cairan Diesel Exhaust Fluid (DEF) dengan merk dagang AdBlue® sebagai katalisator untuk menurunkan kadar NOx.

Tangki AdBlue® disediakan terpisah dari tanki bahan bakar, yaitu 60 liter untuk tanki AdBlue® dan 400 liter untuk tanki bahan bakar. [dp/TH]

Previous articleKomunitas HAI Regional Jabar Gelar Kopdargab di Tasikmalaya
Next articleDFSK & Seres E1 Gelar Pameran di Kota-kota ini, Catat Tanggalnya