Perhatikan Faktor-faktor ini Sebelum Membeli Motor Baru

DAPURPACUID – Momen penghujung tahun biasanya dimanfaatkan berbagai diler-diler sepeda motor untuk menghadirkan kemudahan kepada masyarakat memiliki tunggangan impian.

Beragam promo pembelian menarik pun ditawarkan, mulai dari uang muka maupun cicilan ringan, hingga gimmick cashback atau hadiah langsung yang biasanya disajikan.

Tak terkecuali bagi PT Wahana Makmur Sejati, main dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, yang juga menggelar program penjualan sepanjang Desember 2023.

“Sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme dan loyalitas konsumen terhadap produk-produk motor Honda, kami menghadirkan aneka promo di akhir tahun ini,” kata Head of Marketing WMS, Olivia Widyasuwita.

Meski begitu, bagi Anda yang berniat memiliki motor baru, apalagi jika ini untuk pertama kalinya, ada beberapa tips yang jadi bahan pertimbangan dalam memilih model sesuai kebutuhan.

Lakukan Survei

Agar tidak tertipu, pastikan Anda membeli sepeda motor pada diler resmi dari merek yang sudah dipilih. Pastikan juga jangan sekadar mengecek harga pada satu diler saja.

“Ini penting dilakukan (mengecek harga), karena ada perbedaan dan juga kebijakan dalam pembelian motor, walaupun sama-sama diler resmi,” tutur Andra Friandana, Head of Marketing Promotion WMS, belum lama ini.

Ada baiknya Anda mengecek dua sampai tiga diler dan lakukan perbandingan dari semua penawaran yang diberikan. Bisa saja salah satunya menguntungkan bagi Anda.

Baca Review

Hal penting lain yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih motor adalah dengan melihat berbagai review, baik melalui media maupun lewat vlogger, yang biasa membahas sepeda motor baru.

Baca juga:  Wahana Makmur Sejati Dukung Mudik Aman dan Nyaman Bersama Polri

Tak lupa juga simak juga berbagai blog, forum otomotif di internet, maupun tayangan video di YouTube, yang membahas sepeda motor yang akan Anda beli. Jika ternyata banyak informasi negatif, baiknya cari merek lain.

“Atau bisa mengkonsultasikan pada teman atau keluarga, yang sudah pernah memakai merk sepeda motor tertentu yang Anda sukai,” tambah Andra.

Perhatikan juga spesifikasi setiap elemen penting dari motor itu, yang akan membantu Anda membandingkan dan memastikan apakah motor tersebut pilihan yang tepat atau tidak.

Lakukan Test Drive

Faktor ini tidak kalah penting sebelum nantinya memutuskan untuk membeli satu merk tertentu. Saat melakukan test ride, rasakan kenyamanan pada motor secara keseluruhan hingga performanya.

Jangan lupa juga untuk mencoba semua fitur-fitur yang ada, termasuk pengoperasian dari seluruh fitur yang disediakan. Tanyakan kepada tenaga penjual jika Anda tidak mengetahui salah satu fitur tersebut.

Cek Kondisi Motor

Meski sudah membaca review-nya, saat melihat langsung motor yang ingin dibeli teliti kembali spesifikasinya. Salah satu kesalahan pemula adalah hanya mengecek bodi dan mesin.

Jangan juga tergiur bila ada penawaran yang miring langsung terbujuk untuk membeli. Selain harga, hal lain yang perlu dicek sebelum membeli motor, adalah apakah motor sesuai kebutuhan, apakah bahan bakarnya irit?

Baca juga:  AHM dan Wahana Makmur Sejati Edukasi Teknologi Honda EM1 e: ke 56 SMK

Bagaimana desainnya, apakah harganya sesuai dengan kualitasnya, perhatikan juga biaya service dan spare parts-nya, dokumen pajak, dan sebagainya.

Periksa dan Teliti Proses Pembayaran

Meski sangat menyukai satu merek motor yang bakal dibeli, pastikan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Lantas, perhatikan juga bagaimana dengan metode pembayarannya.

Hindari memaksakan kehendak dengan membeli secara tunai, namun setelahnya Anda tidak lagi memiliki uang. Jika memilih kredit, salah satu tipsnya yakni dengan memilih jumlah DP yang yang nominalnya besar.

Ini dimaksudkan agar jumlah cicilan per bulan tidak terlalu besar. Namun, perlu lebih teliti saat memutuskan untuk melakukan kredit motor, perhatikan berapa bunga dan hal penting lainnya.

Pikirkan Biaya Lain

Setelah membeli motor baru, perhatikan apakah ada biaya tambahan yang mesti dikeluarkan seperti untuk membeli peralatan keamanan misalnya jaket, helm, sarung tangan motor, pelindung tambahan atau perlengkapan lainnya.

Pakai Asuransi

Perlu dipertimbangkan juga untuk memberikan proteksi pada motor dengan mendaftarkan pada asuransi. Ini penting, agar bila terjadi risiko kecelakaan, kendaraan dan Anda dalam posisi menjadi lebih aman.

Program Penjualan

Pada bulan ini, PT WMS juga menawarkan beragam kemudahan kepada calon konsumen yang ingin memiliki motor baru, melalui beragam promo yang pasti menguntungkan.

Baca juga:  Wahana Makmur Sejati Bagikan Tips Mudik Aman Pakai Motor

Adapun promo-promo yang ditawarkan berupa mulai dari harga diskon, special gift hingga ganti oli berkali-kali bagi konsumen di seluruh AHASS di bawah naungan Wahana.

Promo potongan harga tersebut tersedia untuk tipe-tipe motor tertentu, meliputi:

* Sonic 150R: tunai (diskon Rp2.200.000,-); kredit DP mulai dari Rp500.000,- (diskon Rp3.600.000,-)
* CRF 150L: diskon Rp1.110.000,-
* CBR 250RR: diskon Rp5.550.000,-
* CBR 150R: diskon Rp1.110.000,-
* CB 150X: diskon Rp1.665.000,-
* PCX 160ABS: diskon Rp444.000,-
* Supra GTR150: diskon Rp1.110.000,-
* Vario 160: diskon Rp555.000,-

Selain diskon, special gift juga akan didapat oleh pembeli motor tipe:
* CRF 150L: helm khusus
* Vario 160: jaket
* Genio: jaket (khusus konsumen yang meng-install aplikasi Wahana Honda/Wanda periode Desember 2023)

Pembeli yang meng-install aplikasi Wahana Honda (Wanda) periode Desember 2023 juga akan mendapat penggantian oli gratis sebanyak empat kali.

Dapatkan juga program tambahan berupa potongan tenor hingga 3x untuk tipe-tipe tertentu dengan pembelian secara kredit.

Namun, promo ini tidak termasuk pembelian Big Bike. Tapi, Wahana tetap berkomitmen memberikan garansi rangka 5 tahun kepada seluruh konsumen setia Honda tanpa batas jarak tempuh (kilometer).

“Kami menghadirkan aneka promo di akhir tahun ini. Kami berharap kebersamaan dengan konsumen setia motor Honda dapat tetap terjalin serta meningkat lagi di tahun depan,” tutup Olivia. [dp/TH]

Previous articleWuling Alvez Dinobatkan Sebagai Compact SUV Paling Bernilai
Next articleTandatangani MoU Anggota Kadin Beli Mobil Hyundai Dengan Harga Khusus