Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere Resmi Beroperasi

Foto: Jasa Marga

DAPURPACUID – Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere akhirnya dioperasikan pasca dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 8 Januari lalu.

Prosesi peresmian dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Limo Utama Jalan Tol Cinere-Jagorawi. Sebagai informasi, ruas tol tersebut dioperasikan dua Badan Usaha Jalan Tol.

Keduanya yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha PT Jasa Marga, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere, dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang menjalankan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Rangkaian jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, di antaranya Jalan Tol Lingkar Dalam, Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan Jalan Tol JORR 2.

Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere sendiri merupakan bagian dari Tol JORR 2. Sejatinya ruas tol ini telah beroperasi tanpa tarif sejak periode Nataru 2023/2024.

Presiden Jokowi mengatakan jalan tol ini memberikan lebih banyak pilihan alternatif kepada masyarakat yang berdomisili di Cibubur, Bogor, Tangerang untuk menjangkau sejumlah tempat seperti Bandara Soekarno Hatta tanpa harus melalui Tol Dalam Kota.

“Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang dan logistik yang diharapkan juga mengurangi kemacetan, sehingga masyarakat memiliki alternatif, pilihan lebih lancar,” imbuhnya.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menuturkan ruas tol tersebut akan menjadi alternatif mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya.

Subakti menambahkan, dengan tersambungnya jalan tol ini dapat memecah lalu lintas yang dari dan menuju Bogor maupun Bandara/Cengkareng dengan waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan menggunakan Jalan Tol JORR 1.

“Pengguna jalan dari Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari area Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari), juga dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama PT CSJ, Mirza Nurul Handayani memaparkan, Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah beroperasi tanpa tarif sejak 18 Desember – 4 Januari 2024.

Sepanjang periode tersebut pihaknya mencatat jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Tol Serpong-Cinere mencapai 672.107 kendaraan, atau meningkat 98,78% dibanding lalu lintas normal.

“Bahkan melonjak hingga 121,07% dibandingkan lalu lintas Nataru tahun lalu. Kami melihat masyarakat antusias dalam menggunakan ruas jalan tol ini yang kini telah terintegrasi penuh dengan jaringan jalan tol JORR 2 lainnya.”

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km yang dibagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km yang telah beroperasi sejak tahun 2021 dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km.

Ruas tol ini terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi, bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat. [dp/TH]

Previous articleTekiro Mechanic Competition Digelar Lagi, Perluas Hingga se-Jawa
Next articleTak Hanya Mesin, Urusan Rawat Bodi Mobil Juga Penting Loh!