BMW Hadirkan ‘Amunisi’ Tangguh Bernama iX1 dan iX xDrive

DAPURPACUID – BMW Group Indonesia menggebrak tahun ini dengan meluncurkan dua model kendaraan listrik terbarunya, yaitu iX1 eDrive20 M Sport dan iX xDrive50, Jumat (2/2) lalu.

Mengisi segmen Sport Activity Vehicle (SAV) berbasiskan baterai, iX1 menjadi kendaraan listrik yang sebelumnya bermesin konvensional (internal combusition engine/ICE).

“Kami meluncurkan iX xDrive50 dan model yang mengisi segmen entry level di jajaran produk SAV BMW, yaitu iX1,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, di sela peluncuran.

BMW iX xDrive50 Sport dirancang berdasarkan kesuksesan iX xDrive40, yang diluncurkan pada pertengahan Juni tahun lalu dengan menawarkan berbagai peningkatan fitur-fiturnya.

Daya jelajah diklaim hingga mencapai 630 km, teknologi canggih dari BMW Connected Drive, sensasi berkendara nyaman dengan Adaptive Air Suspension, dan beragam fitur mewah lainnya.

Dirancang untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga, efisien, dan mewah, BMW iX xDrive50 Sport tetapkan tolak ukur baru di segmen kendaraan listrik.

Baca juga:  Hyundai All New Kona Electric Dijual Rp500 Jutaan, Pre-booking Dimulai

Secara tampilan, iX1 tak jauh berbeda jauh dengan model konvensionalnya, dimana kidney grill khas BMW disematkan di sana. Sedangkan untuk iX xDrive50 menjadi model yang kental dengan kesan sporty, yang memang sudah diniagakan di Indonesia.

Secara spesifikasi teknis, BMW iX1 dibekali motor listrik yang menghasilkan tenaga 204 hp dan torsi maksimum 250 Nm secara instan, meski model tersebut mengisi pasar entry level Sports Activity Vehicle (SAV).

Konfigurasi ini membuat jelajahnya mencapai 474 km dalam satu pengisian daya, berbekal baterai dengan daya 64,78 kWh. Pencapaian jarak tempuh ini diklaim berkat teknologi BMW eDrive generasi kelima, yang terintegrasi pada gardan depan.

Dengan sistem pengisian AC hingga 22 kW sebagai peranti standar, mampu mengisi daya baterai dari kondisi kosong sampai 100 persen dalam waktu 6,5 jam. Sementara isi daya dari 10% – 80% dalam waktu 29 menit via pengisian daya cepat.

Baca juga:  NETA Indonesia Siap Boyong Model SUV di GIIAS 2024

Sedangkan pada BMW xDrive50 mendapat peningkatan performa dari motor listrik yang dipasangkan. Model ini, kini menghasilkan tenaga 523 hp dan torsi maksimum 765 Nm.

Motor listrik, transmisi, dan elektronika daya BMW iX hadir bersama sebagai paket yang sangat terintegrasi dalam satu atap. Konstruksi kompak ini menguntungkan efisiensi sistem penggerak.

Selain didorong oleh aerodinamis yang dioptimalkan dan desain ringan yang cerdas, konsumsi BMW iX xDrive50 Sport rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 21 kWh per 100 kilometer.

Kepadatan energi gravimetri baterai lithium-ion telah meningkat sekitar 20% dibandingkan baterai generasi sebelumnya, dimana komponen ini memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 100 kWh.

Teknologi pengisian daya yang baru memungkinkan pengisian cepat DC dengan daya pengisian yang sangat tinggi hingga 200 kW.

Hal ini berarti mengisi daya selama 10 menit dapat menyediakan energi yang cukup untuk menambah jangkauan lebih dari 120 km. Pengisian daya baterai tegangan tinggi dapat ditingkatkan dari 10% ke 80% di bawah 40 menit.

Baca juga:  Mercedes-Benz EQE Perpanjang Lineup Mobil Listrik Mewah di Indonesia

Menyoal banderolnya, BMW iX1 dijual seharga Rp1,446 miliar dan untuk iX xDrive50 dijual Rp2,627 miliar, dalam status off the road. [dp/TH]

Previous articleRatusan Model Listrik Terjual, BMW Indonesia Kukuhkan Merek Premium Terlaris
Next articleMG Motor Indonesia Bakal Boyong Maxus 9 ke IIMS 2024