Kemenparekraf-Gresini Racing Perpanjang Kerja sama Hingga 2025

DAPURPACUID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia melanjutkan kerja sama (sponsorship) dengan Gresini Racing MotoGP untuk musim balap 2024.

Menparekraf Sandiaga Uno menuturkan, kesuksesan yang diraih pada dua musim balap motor kelas utama di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, menunjukkan animo yang tinggi bagi publik dunia.

“Ini adalah bagian dari promosi merek-merek ternama Indonesia dengan mensponsori Gresini Racing,” kata Sandi dalam Kick-off Press Conference Gresini Racing Team di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Sabtu (3/2) lalu.

Seperti diketahui, Kemenparekraf menjadi sponsor Gresini Racing sejak 2022 lalu. Kedua belah pihak telah memperbarui kontrak kerja sama hingga 2025 mendatang.

Dengan lanjutan kerja sama ini, lanjut Sandi, menjadi salah satu strategi untuk menarik turis internasional datang ke Indonesia. Sekaligus untuk lebih memperkenalkan produk lokal di mata dunia.

Adapun beberapa produk lokal yang menjadi sponsor dari tim tersebut di antaranya Federal Oil, Aspira, Antangin, MS Glow Men, Bold Riders dan Riding Style.

Baca juga:  Federal Oil Apresiasi Podium Ganda 'Duo' Marquez, Cetak Sejarah Baru

“Dengan begitu akan semakin banyak produk-produk lokal yang akan terjual ke luar negeri,” tambahnya sembari memperkenalkan logo ‘Wonderful Indonesia’ di bagian depan Ducati Desmosedici.

Alasan lainnya adalah dengan bergabungnya Marc Marquez untuk mendampingi sang adik, Alex Marquez, diyakini memberi harapan besar bagi tim besutan mendiang Fausto Gresini itu pada musim ini.

Atas dasar inilah, kata Sandi, Kemenparekraf berharap bergabungnya pria berjuluk ‘The Baby Alien’ ini bakal berdampak positif pada sektor pariwisata di Tanah Air.

Hal itu sejalan dengan target tinggi Kemenparekraf pada ajang balap tersohor di dunia, lewat tagline Wonderful Indonesia yang menjadi pembungkus kampanye pariwisata internasional ke Tanah Air.

“Ini juga saatnya bagi kami untuk mengajak mitra-mitra co-branding untuk mendukung Gresini Racing,” katanya, yang didampingi Marc dan Marquez, serta Nadia Padovani dan Carlo Merlini.

Bagi Marc, kehadirannya di Indonesia menjadi yang pertama dengan ‘bendera’ tim berbeda, setelah beberapa tahun silam berada pada kubu Honda Repsol Racing.

Baca juga:  Federal Oil Apresiasi Podium Ganda 'Duo' Marquez, Cetak Sejarah Baru

Sementara itu, Merlini yang menjabat Commercial & Marketing Director Gresini Racing, membeberkan alasan mengapa pihaknya mau bekerja sama dengan Kemenparekraf dan beberapa brand lokal Indonesia lainnya.

Dia menilai hal ini memberi dampak positif terhadap perkembangan basis fans mereka di Indonesia dan para sponsor lokal tetap setia bersama Gresini Racing saat melewati masa-masa sulit.

Seperti diketahui, kolaborasi Gresini Racing dengan Federal Oil menjadi kerja sama cukup panjang dari merek lokal Indonesia, yaitu sejak 2012 silam, sejak tim masih menghuni Moto2.

“Dan ini tentang koneksi dengan penggemar. Semua orang tahu, followers instagram kami sebagian besar datang dari Indonesia. Kami tim Italia, kami tidak berekspektasi penggemar kami naik sejauh itu,” jelasnya.

Dia pun tidak menampik, sejak tim melakukan kerja sama dengan beberapa brand lokal Indonesia dan institusi seperti Kemenparekraf, pertumbuhan fans di sini makin baik.

Baca juga:  Federal Oil Apresiasi Podium Ganda 'Duo' Marquez, Cetak Sejarah Baru

“Kami menikmati koneksi dengan penggemar di sini. Saya berterima kasih kepada mereka dan berharap bisa ikut merasakan kesenangan dan semangat dari hasil tahun ini,” ujar Merlini.

Sandi berharap musim ini, Wonderful Indonesia tim bersama dua bersaudara (Marc dan Alex Marquez) bisa membawa atmosfer positif bagi perkembangan sektor pariwisata di Indonesia.

Kedua belah pihak pun telah memperbarui kontrak kerja sama hingga 2025 mendatang, yang dilakukan pada Oktober tahun lalu. Dan logo program Wonderful Indonesia melekat di motor tim satelit asal Italia itu.

“Ini adalah perusahaan-perusahaan besar (leading companies) yang kami mau pamerkan. Dan untuk kementerian ini adalah kehormatan besar untuk bisa kembali bermitra dengan Gresini,” pungkasnya. [dp/TH]

Previous articleHino Bus R280 ABS Terus Jadi Andalan ‘Jet Darat’ di Sumatera
Next articleRaih Sertifikasi Dunia, ALVA Jadi Manufaktur E2V Terdepan