Ragam Keuntungan Miliki Mitsubishi L100 EV, Sewa juga Bisa Kok!

DAPURPACUID – Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjadikan ajang IIMS 2024 sebagai media untuk mengumumkan secara resmi penjualan L100 EV di pasar Indonesia.

Kendaraan niaga ringan ‘mini’ alias kei-car di negara asalnya Jepang itu dibanderol dengan harga Rp320 juta OTR Jakarta, dan membidik segmen fleet di Tanah Air.

Secara model, kendaraan yang biasa disebut Minicab EV di Jepang itu hanya menyediakan satu varian saja yaitu blind van, dengan kapasitas dua penumpang.

Resmi diproduksi pada pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, L100 EV dilengkapi dengan komponen listrik, termasuk motor dan baterai penggeraknya.

Director of Product Strategy Division PT MMKSI, Hikaru Mii mengatakan, sebelumnya Mitsubishi Motors bersama MMKSI telah melakukan aktivitas Proof of Concept (POC) di Indonesia.

Dalam aktivitas tersebut telah menggandeng beberapa mitra dari perusahaan yang bergerak dibidang logistik dan jasa sejak 2020, salah satunya adalah datang dari PT Pos Indonesia.

“Hasilnya, PT Pos Indonesia menyatakan sangat senang dengan mobil ini dan bisa digunakan atau dikendarai di jalan-jalan sempit,” tuturnya disela temu media, Jumat (16/2) lalu.

Baca juga:  Cara Mitsubishi XForce Pendekatan ke Konsumen 'Jetset' di Karawang

Menurut perusahaan ‘plat merah’ itu, lanjut Hikaru, disimpulkan bahwa Mitsubishi L100 EV mampu mengakomodir kebutuhan dalam mendukung aktivitas operasional sehari-hari.

“Bisa dijual ke konsumen ritel, tapi target [kami] segmen fleet khususnya perusahaan logistik dan juga distribusi barang,” jelasnya kemudian.

Dijabarkannya, dengan ukuran yang ringkas termasuk turning radius yang kecil, sehingga pengendaraan semakin mudah dan berimbas pada operasional cepat menuju lokasi.

Berbagai keunggulan lainnya meliputi dipasangkannya fitur electric power steering dan transmisi otomatis (A/T), performa mumpuni, suspensi yang nyaman, serta adanya air conditioner (AC).

Sedangkan dari sisi operasional, Mitsubishi L100 EV memiliki biaya operasional yang efisien, dan juga license plate yang mendukung mobilitas dengan terbebas dari kawasan ganjil-genap khususnya di wilayah Jakarta.

Secara spesifikasi, kapasitas baterainya telah diperbesar dari yang semula 16 kW kini menjadi 20 kW, yang membuat jarak tempuhnya semakin jauh yaitu hingga 180 km dalam sekali pengisian penuh baterai.

Pengisian baterai berjenis lithium ion ini menggunakan charger AC memakan waktu hingga 7,5 jam hingga kondisi penuh, sedangkan menggunakan DC hanya butuh 42 menit hingga 80 persen.

Baca juga:  Isuzu Bakal Hadirkan Truk Listrik Terbaru di GIIAS 2024

“Mobil sangat nyaman dan kompak lincah sehingga di jalan-jalan kecil cocok karena mereka perusahaan distribusi barang mereka udah coba setahun dan hasilnya memuaskan,” jelasnya.

Dituturkan bahwa saat ini terdapat permintaan dari konsumen retail, sementara perusahaan (MMKSI) tengah dalam tahap diskusi untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Hal itu disampaikan oleh Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI, Yoshio Igarashi bahwa pihaknya telah menyiapkan skema penyewaan atau rental bagi konsumen retail.

Untuk itu, MMKSI sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan pembiayaan seperti Dipo Star Finance, PT Takari Kokoh Sejahtera, serta PT Srikandi Multi Rental.

“Biaya rentalnya pun sebesar Rp6,7 juta per bulan, untuk periode penyewaan selama lima tahun,” imbuh Igarashi lebih lanjut.

Ragam Fitur keamanan

Berbagai fitur keamanan pun turut dibenamkan pada L100 EV, meliputi 2 airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, Automatic Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA).

Terdapat pula fitur Traction & Active Stability Control, Immobilizer, Seatbelt Warning, dan Auto Light Control (ALC) yang dapat menghidupkan lampu ketika melewati jalan gelap.

Baca juga:  Berbekal Fitur Unggulan, Mitsubishi XForce Didaulat SUV Kompak Terbaik

Mitsubishi L100 EV hanya tersedia dalam satu varian saja yakni Two-Seaters Blind Van, dan satu pilihan warna yaitu White Solid. Harga di atas berlaku periode Februari sampai April 2024.

Untuk pengadaan unit operasional bagi konsumen fleet bisa langsung mendatangi diler resmi Mitsubishi, dengan berbagai keuntungan yang bisa diperoleh, yaitu:

1. Setiap pembelian L100 EV mendapatkan paket SMART yang mencakup gratis biaya jasa dan gratis suku cadang perawatan berkala hingga 4 tahun/50,000 KM;
2. Selain metode pembelian, konsumen dapat memanfaatkan skema rental kendaraan yang bekerja sama dengan leasing PT Dipo Star Finance, PT Srikandi Multi Rental, da PT Takari Kokoh Sejahtera;
3. Selain program penjualan, sebagai bagian dari program dan layanan purna jual dari Mitsubishi L100 EV juga mencakup garansi unit kendaraan, seperti:
– Garansi kendaraan hingga 5 tahun/100.000 KM, dan
– Garansi baterai hingga 8 tahun/160.000 KM. [dp/TH]

Previous articleHonda Gandeng JGG Ajak Masyarakat Jelajah Lokasi Eksotik di Jakarta
Next articlePre-Booking Tiket MotoGP dan ARRC 2024 Resmi Dimulai