Tiga Truk Hino Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

DAPURPACUID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengumumkan penambahan lini produk truknya yang telah mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Sertifikat yang diperoleh dari Kementerian Perindustrian ini diberikan pada Hino 500 – FM 280 JW dengan nilai TKDN + BMP 47,2 persen, Hino 300 – 115 HD (TKDN + BMP 55,25%), serta Hino 300 – 136 HDL (TKDN 57,26 persen).

Sehingga saat ini total kendaraan Hino yang telah mendapatkan Sertifikat TKDN sebanyak 13 model, mulai dari Hino 300, Hino 500 maupun Hino Bus.

Proses sertifikasi dilakukan oleh PT Surveyor Indonesia dengan ketat melalui verifikasi lapangan dan dokumen, penyusunan laporan dan telah melalui panel hasil verifikasi Kemenperin yang lulus untuk penerbitan tanda sah sertifikat TKDN.

Disela temu media di Kantor Pusat Hino Indonesia di Jakarta, Senin (25/3), GSO & Bus Division HMSI, Suroto berharap produk Hino yang memiliki TKDN dapat dibelanjakan APBN atau APBD.

Baca juga:  Santiko Wardoyo Digantikan Susilo Darmawan, Pimpin Penjualan Hino Indonesia

“Sebab, produk-produk Hino yang sudah memiliki sertifikat TKDN tersebut merupakan produk dalam negeri dan bukan barang impor dari luar,” tambah Suroto.

Sejumlah kendaraan Hino yang telah memiliki sertifikat TKDN dan diproduksi secara lokal saat ini banyak digunakan oleh keperluan pemerintahan, selain perusahaan dan niaga.

Beberapa di antaranya produk Hino yang diaplikasikan seperti bus pegawai, ambulan, mobil tahanan, bus sekolah, dump truk sampah, mobil pelayanan umum, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, After Sales & Technical Director HMSI, Irwan Supriyono menyebutkan, Hino menjadi yang pertama memiliki layanan servis purna jual yang tayang di e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP).

Menurutnya, e-katalog merupakan aplikasi belanja online yang dirilis oleh LKPP. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk dari berbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Dalam e-katalog khusus Hino Indonesia tersebut juga berisikan seluruh diler resmi Hino yang tersebar di seluruh Indonesia. Termasuk ketersediaan suku cadang yang dibutuhkan.

Baca juga:  NETA Dukung Upaya Pemerintah RI Genjot Ekspor Mobil Listrik

“Hal ini semakin memperlengkap kontribusi Hino, yang dibuat di Indonesia, oleh orang Indonesia, untuk kemajuan Indonesia, Hino untuk Indonesia,” jelas COO dan Director HMSI, Santiko Wardoyo.

Langkah ini menunjukkan komitmen Hino dalam memberikan dukungan penuh tidak hanya dalam produksi, tetapi juga dalam pelayanan purna jual yang berkualitas. [dp/TH]

Previous articleHino Kembali Hadirkan Posko Lebaran 24 Jam, Simak Lokasinya
Next articlePeserta Lelang JBA Bakal Dapat Asuransi Kecelakaan Diri