Astra Infra Catat Lonjakan Pemudik Lintasi Tiga Ruas Tol ini

DAPURPACUID – Astra Infra mencatat pantauan total volume kendaraan yang melintas tiga ruas jalan tol yang dikelola oleh anak perusahaan Astra International itu.

Per 7 April lalu, volume kendaraan yang melintas Astra Infra Toll Road Tangerang–Merak sebanyak 127.406 unit, Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan 127.679 unit dan Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto sebesar 54.636 unit.

“Astra Infra mengapresiasi koordinasi dari seluruh stakeholders dalam mengupayakan kelancaran lalu lintas, terutama penanganan kepadatan di Pelabuhan Merak sehingga kepadatan di jalan tol pun telah terurai,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Hingga H-3 Lebaran, ruas Tol Tangerang–Merak masih terjadi antrean kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak hingga KM 87, atau sepanjang 9 km yang kemudian berangsur menyusut melalui dilakukannya berbagai tindakan untuk mengurai kepadatan.

Upaya itu diantaranya berkoordinasi dengan Kepolisian secara intensif memperlambat (delaying) laju kendaraan ke Merak, kolaborasi publikasi kondisi lalu lintas di berbagai platform, serta upaya penanggulangan lainnya bersama stakeholders.

Baca juga:  Usai Liburan, Tips ini Bikin Kondisi Mobil Kembali Optimal

Sementara di Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan, tercatat terdapat penurunan total kendaraan sejumlah 5,2 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Namun, dengan volume kendaraan melintas yang tergolong cukup tinggi, sesuai diskresi Kepolisian rekayasa lalu lintas One Way dari KM 72 Tol Cikopo–Palimanan hingga KM 414 GT Kalikangkung diperpanjang hingga 8 April 2024 pukul 24.00 WIB.

Adapun di Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto, terpantau lalu lintas juga ikut mengalami penurunan, dengan persentase sebesar 2 persen dibanding hari sebelumnya, atau 58 persen dari lalu lintas harian normal.

Menghadapi arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi mulai hari ini, Jumat (12/4) hingga 15 April nanti, Astra Infra terus mengimbau pengguna jalan untuk mengutamakan keselamatan.

“Dengan cara tetap menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut,” harap Billy lebih lanjut.

Tak hanya itu, Billy juga mengimbau kepada pemilik kendaraan untuk tidak beristirahat di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat karena membahayakan pengguna jalan lainnya.

Baca juga:  Usai Liburan, Tips ini Bikin Kondisi Mobil Kembali Optimal

Manfaatkan rest area terdekat dari lokasi Anda berada dengan maksimal durasi selama 30 menit untuk beristirahat guna mencegah kepadatan di rest area.

Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat dan fasilitas yang tersedia di luar jalan tol. Setelah beristirahat, pengguna jalan dapat kembali masuk ke jalan tol tanpa dikenakan tarif total tol tambahan.

Astra Infra pun kembali mengimbau bagi para pemudik yang akan menyeberang untuk tidak berangkat sebelum memiliki tiket, mencegah kepadatan di pelabuhan dan di jalan tol.

Selain itu, pemudik juga diimbau untuk dapat merencanakan kembali jadwal kepulangan dan segera melakukan pemesanan tiket di aplikasi atau website Ferizy sesuai tanggal yang tersedia. [dp/TH]

Previous articleDirut Pertamina Lubricants Bagi-bagi THR Fastron ke Pemudik
Next articleAHM Hadirkan Warna Baru New Vario 125, Makin Cihui!