Vespa World Days 2024 Dipadati Ribuan Vespisti di Dunia

DAPURPACUID – Gelaran Vespa World Days 2024 resmi digelar mulai Kamis (18/4) lalu dan berakhir pada 21 April, yang dipusatkan di Kota Pontedera, Provinsi Pisa, Italia.

Tahun ini menjadi even perdana temu gathering akbar sedunia yang digelar di kota yang merupakan cikal bakal kelahiran sekaligus lokasi fasilitas manufaktur Vespa sejak 1946 silam.

Even tahunan kali ini diklaim menjadi salah satu yang termegah dalam 70 tahun sejarah parade yang pertama kali berlangsung pada 1954 di Paris, Perancis.

Ribuan pemilik dan penggemar skutik dari beragam klub Vespa diberbagai belahan dunia dipastikan bakal hadir. Sebagai gambaran, di Italia sendiri terdapat sekitar 660 klub Vespa.

Adapun perwakilan klub dari negara-negara yang hadir seperti Australia, Kanada, Jepang, Amerika Serikat, Arab Saudi, Vietnam, Filipina, Tiongkok, Pakistan, Argentina, Cile, Kolombia, Ekuador, Hongkong, Indonesia, Kuwait, Maroko, dan seluruh negara di Eropa.

Sebanyak 8.000 lebih tiket yang tersedia untuk parade pada Sabtu (20/4), diklaim telah terjual habis dalam sekejab! Hal ini dikarenakan seluruh peserta akan melewati erbagai tempat eksotik di Valdera.

Parade ini menjanjikan pemandangan luar biasa yang membentang sepanjang lebih dari 10 km, di mana unit-unit Vespa yang telah terdaftar akan bergabung dengan ribuan Vespa lainnya, yang banyak di antaranya sudah dalam perjalanan ke Tuscany.

Bersamaan dengan gelaran Vespa World Days, Piaggio Museum di Pontedera juga akan memperingati 140 tahun merek Piaggio yang berdiri pada 1884 silam.

Dengan mengadakan pameran bertema ‘Vespa all over the World’, seluruh area museum bakal dipenuhi material orisinal spektakuler dari Piaggio Historical Archive.

Diorama seluruh perjalanan merek Vespa yang menjangkau berbagai penjuru dunia, termasuk sejarah awal dari terkenalnya Vespa di dunia internasional di akhir 1940-an hingga 1960-an.

Ditampilkan pula model-model orisinal sangat langka yang diproduksi dan dipasarkan di seluruh dunia, plus perjalanan produk-produk tersebut meniti kesuksesannya di pasar.

Di area auditorium dijadikan tempat Meet & Greet bagi para penggemar Vespa untuk menyimak sejarah dan asal-usul Vespa langsung dari pihak-pihak yang berperan dalam mendesain dan memproduksi.

Pabrik Piaggio pun tak luput menjadi titik yang bakal dikunjungi oleh para peserta, dengan tak kurang dari 128 tur khusus umum pada Sabtu-Minggu (20-21/4).

Puncak dari acara adalah Vespa Village di Piazza del Mercato di Pontedera akan menjadi pusat dari seluruh aktivitas. Di sini, para pengunjung dapat menemukan area kuliner serta berbagai ekshibisi, termasuk pameran resmi Vespa yang memamerkan seluruh jajaran produk dan toko merchandise.

Para Vespisti dan pengunjung pun dapat berkumpul dalam semangat Vespa Clubs, khususnya di hari Sabtu dan Minggu saat Vespa Rally (salah satu kompetisi) akan dimulai.

Terdapat aktivitas test ride serta penyerahan 250 sertifikat keaslian edisi terbatas. Turut pula digelar Concorso di Eleganza, salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu di Vespa World Days.

Di hari terakhir, Vespa Village juga akan menyerahkan hadiah bagi para pemenang Vespa Trophy, sebuah tourist trophy yang begitu diidamkan seluruh peserta.

Para anggota Vespa Club ditantang bertanding dalam mengabadikan semua tahapan perjalanan mereka ke Pontedera, dengan foto dan perangko khusus yang disusun di dalam Travel Book.

Selama rangkaian acara berlangsung, Vespa Boutique juga akan buka di Piazza Martiri della Libertà di pusat kota, yang menjual lini pakaian baru nan eksklusif dari Vespa capsule collection.

Seluruh penjuru Pontedera dan tiap sudut kotanya yang paling menawan pun akan hadir sebagai arena akbar bagi para pengunjung untuk menikmati berbagai acara dan perayaan Vespa, mulai dari pameran fotografi dan seni hingga festival film.

Adapun tiga dari ratusan film yang melibatkan Vespa akan tayang terus-menerus, yakni film Disney-Pixar Luca, Roman Holiday yang legendaris, dan drama TV Enrico Piaggio, an Italian dream. [dp/TH]

Previous articleHankook iON Race Tampil Memukau di Formula E Italia
Next articleChery Niagakan Lebih Dari 500 Ribu Unit di Kuartal I 2024