Kejurnas Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Bergulir

DAPURPACUID – Ajang balap Superchallenge Supermoto Race 2024 yang ‘dikemas’ dalam kejuaraan nasional (kejurnas) kembali digulirkan tahun ini, yang digelar di lima kota.

Putaran pertama ajang Superchallenge Supermoto Race 2024 dijadwalkan digelar di Sirkuit Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, pada 26-27 April 2024.

Disebutkan hadirnya kembali ajang balap trail aspal ini untuk menjawab keinginan para rider, pegiat dan komunitas supermoto yang terus berkembang pesat di Indonesia.

Hal itu ditegaskan oleh perwakilan Superchallenge, Mario Putra, yang mengakui digulirkannya kembali ajang balap supermoto ini melihat kesuksesan di tahun sebelumnya.

Menurutnya, ajang balap ini juga untuk memastikan keberlanjutan wadah kompetitif bagi para pebalap. Termasuk sebagai upaya dalam memenuhi antusiasme banyak pihak.

“Terutama pebalap dan komunitas supermoto, yang menginginkan konsistensi kejuaraan supermoto yang kompetitif, bergengsi dan menghibur,” ujar Mario, dalam siaran resmi, Jumat (19/4).

“Karena itu di Superchallenge Supermoto Race tahun ini ada banyak effort dan improvement yang kami lakukan memenuhi aspek kualitas kompetisi dan penyelenggaraan evennya,” tambahnya.

Dia memaparkan, tahun ini total ada lima seri yang tersebar di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Pemilihan kota ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak rider dan komunitas yang berpartisipasi.

Untuk itu terdapat 17 kelas yang diperlombakan, terdiri dari kategori Kelas Utama (Kejurnas) meliputi FFA 250, Trail 180 Open, serta Trail 180 Junior.

Sementara untuk kategori Kelas Pendukung diantaranya FFA 450, Kelas FFA 450 Master, Kelas Trail 180 Rookie, serta Kelas Trail 180 Master.

Mario menambahkan, jauh hari sebelum kepastian dan pengumuman gelaran Superchallenge Supermoto Race 2024, antusiasme dari komunitas dan pegiat supermoto diklaim sudah sangat tinggi.

Ia menyebut, saat ini sejumlah rider elite supermoto Tanah Air juga sudah mengonfirmasi partisipasinya di kejurnas yang berada di bawah naungan dan pengawasan Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini.

Menariknya lagi karena Tim Super Rider dari Superchallenge dipastikan juga ikut gaspol di lintasan, yang berisikan duo pebalap kawakan kakak beradik ‘The Salim Brothers’, yaitu Tommy Salim dan Gerry Salim.

Mario pun mengeklaim bahwa animonya sudah sangat tinggi, terutama dari daerah-daerah dengan basis pegiat dan komunitas supermoto yang besar.

“Sejumlah nama yang sudah fix itu ada Tommy, Doni Tata Pradita, Farudila Adam, Yassin Somma dan Irfan Ardiansyah. Bahkan Gerry akan comeback setelah pulih akibat race accident di Jepang,” imbuhnya.

Superchallenge Supermoto Race 2024 tak hanya dirancang memenuhi kualitas kompetisinya saja, juga sisi sportainment menjadi perhatian penting bagi para penonton.

Mario mengatakan ini pula yang jadi penyebab selalu ramainya pengunjung di setiap seri tahun lalu. Tahun ini banyak aktivitas seru yang dihadirkan di luar lintasan.

Beberapa di antaranya seperti Music & DJ Performance, serta yang paling banyak ditunggu yaitu aksi freestyler juara Stuntride Asia 2019, Wawan Tembong.

Ada juga Kontes Modifikasi Supermoto dengan hadiah bergengsi yang banyak diikuti peserta komunitas lokal. Pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner yang tersedia di Area Food Truck Superchallenge.

Setelah Yogyakarta, Superchallenge Supermoto Race 2024 berlanjut ke Tasikmalaya (17-18 Mei), Surabaya (14-15 Juni), Subang (19-20 Juli), dan seri pamungkas di Boyolali (30-31 Agustus). [dp/TH]

Previous articleChery Niagakan Lebih Dari 500 Ribu Unit di Kuartal I 2024
Next articleFarudilla Adam Siap Hadapi Seri Perdana Balap Supermoto 2024