Vespa 140th of Piaggio, Edisi Terbatas Cuma 140 Unit

DAPURPACUID – Bersamaan dengan digelarnya Vespa World Days 2024, Pontedera, Italia, 18-24 April lalu, Piaggio Group merilis model Vespa edisi khusus yaitu Vespa 140th of Piaggio.

Didesain oleh Piaggio Style Centre, model berbasiskan Vespa 300 GTV ini diproduksi secara terbatas yakni sebanyak 140 unit, dan dijual sepanjang VWD 2024 berlangsung.

Vespa 140th of Piaggio berhasil memadukan skema estetik retro nan modern dalam balutan warna biru muda dengan grafis biru di atas kelir putih yang mendominasi seluruh bodi.

Beberapa perangkat unik pun disematkan, termasuk grafis klasik dan logo perayaan 140 tahun eksistensi Piaggio di dunia, sejak didirikan pertama kali pada 1884 silam.

Adapun perbedaan dengan varian standar yakni desain jok single seater, dengan jahitan ganda (double tone-on-tone). Penutup sadel belakang hadir sebagai peranti standar.

Pada bagian pelek diberi finishing warna biru dengan sisipan biru muda, dipadukan elemen logo perayaan 140 tahun yang terletak pada pelindung belakang (kiri).

Beberapa aksen lain seperti apron depan, spatbor depan, instrument cowl, serta panel samping, juga dirancang dengan estetika kelas tinggi oleh Piaggio Style Centre.

Lampu depan LED yang ditempatkan di spakbor depan, mencerminkan sejarah balap Vespa. Lalu terdapat juga panel instrumen berupa pengukur LCD bulat dibalik ‘tameng’.

Sementara untuk fitur-fitur yang dipasangkan, Vespa 140th of Piaggio dilengkapi teknologi start tanpa kunci (keyless), kontrol traksi dan rem ABS, serta konektivitas Bluetooth Vespa MIA sebagai aksesori.

Vespa turut menyediakan berbagai aksesori resmi, diantaranya tas kulit belakang ukuran besar dengan logo Vespa timbul. Tak ketinggalan bagasi depan-belakang, flyscreen depan besar, hingga crash bar.

Vespa 140th of Piaggio mengusung mesin silinder tunggal dengan kubikasi 278 cc, empat katup berpendingin cairan, yang menghasilkan tenaga 24 hp dan torsi puncak 27 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan CVT dengan server torsi. Adapun untuk efisiensi bahan bakarnya, model ini diklaim tembus 30,3 km per liter. [dp/TH]

Previous articlePolytron Hadirkan Fast Charging Station di 12 Kota
Next articleBegini Cara Mengatasi Honda Smart Key Jika Terkena Air