LED DRL Mitsubishi Pajero Sport Mulai Menguning, Repair Solusinya

Seiring pemakaian lampu LED DRL pada Mitsubishi Pajero Sport bisa menguning.

DAPURPACUID – Dapat dikatakan fitur daytime running light (DRL) telah menjadi ‘menu wajib’ pada kendaraan-kendaraan modern saat ini, sebagai salah satu pendongkrak tampilan.

Fungsi dari lampu DRL menjadi sangat penting ketika memasuki musim hujan, dimana dalam situasi tertentu cuaca menjadi lebih gelap namun lampu utama masih belum perlu dihidupkan.

DRL menjadi solusi jitu yang dapat membantu pengendara lain mengetahui keberadaan kendaraan atau mobil yang dikendarai, sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

Meski begitu, komponen yang dilengkapi Light Emitting Diode (LED) dan terintegrasi pada lampu utama ini, tetap memiliki kelemahan alias usia pakai seiring penggunaan.

Hal inilah yang dikeluhkan oleh salah satu konsumen bengkel Yoong Motor Jakarta, terkait kondisi tersebut pada Mitsubishi All New Pajero Sport miliknya.

Disebutkan bahwa kondisi tersebut berawal dari lampu LED DRL yang mulai menguning dan pendaran cahaya yang dihasilkan berkurang dibandingkan saat pertama kepemilikan.

“Jika dibiarkan kondisinya (lampu LED DRL menguning) begitu, lama kelamaan bisa mati dengan sendirinya,” tutur CEO Yoong Motor Jakarta sekaligus ‘nakhoda’ dari bengkel Tomi Airbrush, Tomy Gunawan.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/7), Tomy mengakui pada bengkel yang gawanginya tersebut sudah menerima banyak permintaan terkait kondisi lampu LED DRL menguning.

Dan, lanjut dia, kebanyakan kasus yang terjadi sejak 2020 silam ini dikeluhkan oleh para pengguna All New Pajero Sport. Terlebih jika telah memasuki musim penghujan.

Biasanya saat di bengkel, kata Tomy, mereka meminta untuk perbaikan lampu DRL. Penyebab lampu LED DRL cepat menguning lalu mati karena faktor daya watt yang terlampau tinggi.

“Beberapa analisa yang kami lakukan, penyebab lampu LED DRL cepat menguning adalah faktor daya yang berlebih. Sehingga menimbulkan panas ekstra,” imbuhnya kemudian.

Imbasnya (panas berlebih) adalah berpengaruh terhadap usia pemakaian dan durability-nya semakin berkurang. Lebih jauh ditekankan Tomy, panas berlebih yang dihasilkan menjadi pemicu kerusakan pada lapisan pembungkus atau plastik lampu LED-nya.

Lampu LED DRL sebelum menjalani perbaikan.

Tomy pun coba memberikan edukasi bahwa untuk penggantian lampu Mitsubishi All New Pajero Sport sebenarnya mudah, hanya tinggal pasang atau colok soketnya saja.

Namun bila pelanggan Yoong Motor Jakarta menginginkan model modifikasi pengganti LED DRL standar, Tomy dan tim bengkel sanggup untuk mengerjakannya.

Sebagai informasi, pasaran harga termasuk yang dijual oleh pihak bengkel resmi Mitsubishi untuk lampu LED Bar DRL All New Pajero Sport mencapai Rp10 jutaan per unit.

Artinya, bila dilakukan penggantian satu set (kanan-kiri) mencapai hingga Rp20 jutaan. Sebab, LED DRL Pajero Sport menyatu dengan lampu utama, kecuali tipe 4×4 dan GLX yang terpisah.

Sementara untuk biaya perakitan dan pemasangan lampu LED DRL pada All New Pajero Sport di bengkel Yoong Motor Jakarta hanya dibanderol mulai dari Rp2 juta per set.

Proses pengerjaan tidak butuh waktu lama, tak lebih dari satu hari. Bahkan Tomy memberikan garansi 1 tahun untuk lampu LED sebagai bentuk pelayanan pada kepuasan pelanggan.

Kondisi lampu LED DRL pada Pajero Sport setelah menjalani perbaikan di Yoong Motor Jakarta.

Kelebihan lain yang ditawarkan yaitu bengkel Yoong Motor Jakarta memberikan kebebasan kepada pemilik mobil memilih model lampu DRL yang diinginkan.

Tersedia dua model lampu DRL modifikasi yang ditawarkan, yaitu dengan model seperti lampu standarnya yang hanya menyala putih. Pilihan lainnya yakni dua warna dalam satu lampu.

Pada modifikasi model itu, Yoong Motor Jakarta mampu memfungsikan satu komponen DRL dengan warna standar putih namun bisa menjadi sein berwarna kuning sebagai standar.

“Biasanya kami akan memberikan perbandingan harga dan hasil dari pengerjaan modifikasi lampu LED DRL, khususnya garapan Yoong Motor Jakarta,” papar Tomy.

“Sehingga dalam hal ini pelanggan juga memperoleh wawasan yang pada akhirnya dapat menentukan pilihan untuk mengganti dengan lampu set yang asli atau lampu LED DRL modifikasi punya Yoong Motor Jakarta,” pungkasnya.

Bagi pemilik mobil khususnya All New Pajero Sport, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memodifikasi LED DRL, pada nomor +62 811-8215-959 dan +62 811-8215-959. [dpid/TH]

Previous articleGIIAS 2024 Kembali Sediakan Shuttle Bus dan Kantong Parkir
Next articleUji Efisiensi Bahan Bakar, Chery TIGGO 5X Libas Jakarta-Semarang-Surabaya