Santiko Wardoyo Digantikan Susilo Darmawan, Pimpin Penjualan Hino Indonesia

DAPURPACUID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengumumkan pergantian jajaran Board of Director (BOD), dimana Santiko Wardoyo mengakhiri kinerja positifnya selama 12 tahun.

Pria yang telah berhasil memimpin operasional HMSI dengan mengisi posisi sebagai Chief Operating Officer (COO) – Director, resmi digantikan oleh Susilo Darmawan.

Nantinya, Santiko bakal melakoni ‘tour of duty’ pada posisi barunya dalam Indomobil Group, sebagai bagian dari upayanya untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dan menjawab tantangan di masa depan.

Sementara dengan penunjukkan Susilo yang mengisi jabatan Sales Director HMSI, diyakini akan membawa warna baru bagi kinerja Hino di Indonesia ke depannya.

Hal ini mengingat pria ini sebelumnya menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) PT Indomobil Trada Nasional, yang menangani bisnis ritel semua produk kendaraan penumpang di bawah Indomobil Group.

Adapun merek-merek tersebut diantaranya Audi, Citroen, Jaguar, Land Lover, Kia, Nissan, Suzuki, VW, serta sepeda motor dari brand Harley Davidson dan Yadea.

Baca juga:  Hino Bus AK 240 Space Frame Milik PO Bagong Tampil di GIIAS 2024

Penunjukkan tersebut atas persetujuan shareholder HMSI yang terdiri dari Hino Motors Limited Japan, Indomobil Group dan Sumitomo Corporation.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Santiko Wardoyo atas dedikasi dan kepemimpinan operasional selama ini di HMSI,” kata Presiden Direktur HMSI, Takashi Muto.

“Kami yakin, di posisi terbarunya, beliau akan terus memberikan kontribusi besar bagi Indomobil Group,” imbuh Takashi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/7).

Dia pun mengapresiasi bergabungnya Susilo Darmawan untuk bergabung dengan HMSI, yang diyakini kinerja Hino di Indonesia akan terus tumbuh serta meraih kesuksesan lebih baik di masa mendatang.

Pergantian jajaran BOD HMSI ini berjalan mulai Juni 2024 dan merupakan bagian dari strategi jangka panjang perusahaan untuk memperkuat posisi bisnis dan meningkatkan kompetensi di berbagai lini usaha.

Dengan perpindahan Santiko dan penunjukan Susilo, diharapkan dapat tercipta sinergi yang lebih baik dalam rangka menghadapi tantangan industri otomotif yang terus berkembang.

Baca juga:  Empat PO Bus Percayakan Sasis Hino Jadi Armada Andalannya

Santiko pun mengapresiasi dukungan dan kerja sama yang positif selama dirinya ‘bermukim’ dan berkarir di HMSI selama lebih dari satu dekade ini.

Di bawah komandonya, HMSI mencatat berbagai prestasi gemilang, termasuk keberhasilan Hino dalam menguasai pasar kendaraan medium duty truck selama 24 tahun terakhir.

Hino 500 sebagai salah satu produk di segmen medium truck, mampu menguasai pasar dengan lebih dari 50 persen pangsa pasar di Indonesia, yang diklaim menjadi pencapaian luar biasa bagi Hino.

Tak hanya hasil penjualan fantastis, di era Santiko, HMSI turut mengembangkan SDM transportasi yang andal untuk mengutamakan keselamatan di jalan, seperti mendirikan Hino Indonesia Academy untuk pelatihan pengemudi.

Terdapat fasilitas Hino Total Support Customer Center (HTSCC), LSP-LPK HMSI, Hino Safety Driving Competition yang melibatkan ribuan pengemudi hingga yang terakhir Fasilitas Uji KIR.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi seluruh tim. Saya percaya Susilo Darmawan akan membawa HMSI ke tingkat lebih tinggi dengan inovasi dan strategi barunya,” imbuh Santiko.

Baca juga:  Hino Indonesia Luncurkan Sekolah Mengemudi Berkompetensi Tinggi

“Saya berterima kasih atas kesempatan menjadi ujung tombak penjualan di HMSI. Dengan dukungan seluruh tim, saya berkomitmen untuk melanjutkan kesuksesan dan membawa Hino mencapai pencapaian baru,” tutup Susilo. [dpid/TH]

Previous articleVespa Primavera Batik Resmi Diluncurkan di Dunia
Next articleFederal Oil Apresiasi Podium Ganda ‘Duo’ Marquez, Cetak Sejarah Baru