DAPURPACUID – Tepat 23 April 2025, Vespa merayakan eksistensinya yang ke-79 tahun di dunia, sejak dihadirkan pertama kali di Florence (Firenze), Italia, 23 April 1946.
Lewat momen ini, PT Piaggio Indonesia mengajak seluruh pemilik Vespa untuk merayakannya, dimana serangkaian aktivitas menarik bakal dihadirkan.
PR and Communications Manager Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari mengatakan, perayaan ini tak hanya milik Vespa dan pecintanya selaras dengan semangat Vespa dengan sejarah panjangnya.
“Vespa merupakan bagian dari momen keberhasilan, pencapaian serta perayaan dalam hidup banyak orang,” tuturnya, dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.
“Untuk itu, Piaggio Indonesia ingin mengajak individu untuk terus merayakan momen bersejarah bersama Vespa dan semangatnya,” papar Ayu lebih lanjut.
Sepanjang 79 tahun eksistensinya, Vespa telah berkembang melampaui fungsinya sebagai kendaraan roda dua. Bagi pengendaranya, Vespa adalah simbol kebebasan, kreativitas, dan identitas diri.
Desain yang ikonis dan timeless pun menjadikan Vespa representasi gaya hidup yang autentik dan ekspresif sampai sekarang.
Vespa dan Ikatan Emosional
Kiprah Piaggio Group pertama kali masuk ke pasar indonesia tak lepas dari rekam jejak PT Dan Motors, sebagai pengimpor dalam bentuk utuh (CBU) pada periode 1950 – 1990an.
Melalui kepopuleran anak usahanya Vespa, Piaggio Group memboyong tipe Vespa 98, Vespa VNB, Vespa VBB, Vespa Super, Vespa Corsa/Cosa, serta Vespa PX.
Kemudian pada era 1990an merupakan puncak antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Vespa dengan pengenalan Excel 200cc dan Excel 150cc.
Dan Motor Indonesia menjadi perusahaan pemegang merek Vespa di Indonesia selama beberapa dekade. Merek yang diedarkan ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur di berbagai kota di Indonesia.
Vespa klasik seringkali disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok. Saat ini, vespa bertranformasi mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi mesin 4-stroke bertransmisi matic. [dpid/TH]