Berulah Lagi, Marquez Kehilangan Pole Position di GP Amerika


AUSTIN (DP) – Bintang Repsol Honda, Marc Marquez, kembali bikin masalah dalam kualifikasi GP Amerika di Sirkuit Austin, Sabtu waktu setempat (21/4).

Padahal pebalap berjuluk ‘Baby Alien’ itu mencatat waktu tercepat dalam kualifikasi dan berhak start di posisi terdepan alias pole position. Tapi berdasarkan penilaian race director, Marquez menghalangi laju pebalap tim Yamaha Moviestar, Maverick Vinales, yang menguntit di belakangnya.

Atas ulahnya itu, Marquez terkena penalti tiga grid dan harus memulai lomba dari posisi keempat. Sedangkan Vinales akan memulai lomba sebagai pemegang pole position.

“Saya berpikir tidak ada pebalap di belakang saya. Saya menengok untuk melihat Iannone dan kemudian saya mendengar suara mesin,” kilah Marquez, yang kini masih tercatat sebagai pemegang pole position keenam kalinya di Red Bull Grand Prix of the Americas.

“Saya segera bergerak ke samping, tapi sepertinya saya telah menghalangi laju Vinales,” ucapnya, seperti dilansir Crash.

Baca juga:  Duo Italia Borong Podium di Moto2 Jerez Spanyol  

Tapi ia menerima dengan lapang dada harus mundur ke posisi keempat, dan Vinales yang sebelumnya di posisi kedua, mengambil alih posisi terdepan dari rekan senegaranya itu.

Di grid terdepan akan diisi pebalap Yamaha Tech3 Johann Zarco dan penunggang Suzuki Andrea Iannone. Di belakangnya ada Marquez, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo.

Grid berikutnya diisi oleh Cal Crutchlow, Andrea Diviziozo dan Dani Pedrosa.

Pada balapan sebelumnya di Argentina, Marquez juga terkena penalti sebanyak tiga kali dan kasus terbesarnya adalah ketika bersenggolan dengan Valentino Rossi, yang membuat pebalap Yamaha Moviestar itu tersungkur, meski masih dapat melanjutkan lomba dan finish di posisi ke-19. [dp/tgh]