Podium di Assen Bikin Alex Rins Percaya Diri Tatap GP Jerman


JAKARTA (DP) – Podium dua yang diraih oleh Alex Rins menjadi kebanggaan tim Suzuki. Musim lalu Rins yang baru kembali dari cedera hanya mampu berada di posisi 17 di Sirkuit Assen, Belanda, namun musim ia berhasil membawa Suzuki ke atas podium.

Memulai aksi start dari posisi 9, memberikan pandangan luas bagi Alex Rins untuk mengatur taktik terbaik untuk menyalip rombongan pebalap di depannya. Di tikungan ke-5, Rins langsung memberikan perlawanan serius hingga masuk ke barisan depan.

Persaingan ketat di baris depan membuat para pebalap harus terus konsentrasi. Tidak sedikit aksi salip yang membuat pergantian posisi menjadi sulit ditebak, terlebih beberapa kontak antar pebalap dalam kecepatan tinggi membuat persaingan menjadi lebih menarik untuk disimak, mulai dari Valentino Rossi dengan Jorge Lorenzo di awal lap hingga Marc Marquez dengan Rins di lima lap terakhir.

Baca juga:  GIIAS 2018 Bakal Diracik Lebih 'Berisi'

Dengan setingan motor yang baik dan pemilihan ban sedang untuk depan dan keras untuk ban belakang, membuat Rins mampu mengungguli Maverick Viñales.

“Selama pertempuran fantastis ini, saya belajar banyak hal. Kecepatan Suzuki GSX-RR kami bagus dan saya bisa menikmatinya! Ada banyak over-taking dan gerakan yang ketat, jadi saya selalu berusaha mendorong untuk tetap bersama yang lain dan menahan posisi saya,” ujar Rins usai meraih podium kedua di Assen.

Walaupun sempat jatuh di seri Catalunya dalam tiga seri terakhir, Rins mengalami peningkatan yang cukup membuat bangga tim Suzuki. Di Catalunya, Rins gagal finis bersama 11 pebalap lainnya, sementara rekan satu timnya, Andrea Iannone, berada di posisi 10. Di seri Mugello, dua pebalap Suzuki berhasil menempati posisi 4 dan 5.

“Saya merasa sangat positif dengan motor dan tim saya, kami semua benar-benar ingin melakukan peningkatan dan menang. Saya berharap saya dapat tetap berada di puncak untuk balapan berikutnya juga. Saya merasa percaya diri untuk membalap di Sachsenring,” tambahnya.

Baca juga:  Kekecewaan Crutchlow Melewatkan Grid Terdepan

Walaupun sempat memberikan perlawanan di awal race, Andrea Iannone tetap menjaga posisinya untuk tidak tampil mengecewakan dan akhirnya menempati posisi 11 di akhir race, yang menempatkan keduanya di posisi 11 klasemen untuk Rins (poin 53) dan 9 untuk Iannone (71). [dp/ARB]