JAKARTA (DP) – Perlahan tapi pasti, All New Terios mulai memperlihatkan tajinya di tangga industri otomotif nasional. Sepanjang tahun ini, low SUV andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini berhasil meningkatkan penjualannya dua kali lipat pada periode yang sama tahun lalu.
Di Januari-Juli 2018, Terios mampu mengumpulkan angka penjualan retail 15.945 unit. Ubahan signifikan pada body Terios plus pengaplikasian fitur-fitur kenyamanan saat berkendara cukup menggoda konsumen, sehingga menyumbangkan angka penjualan 14% dari total perolehan Daihatsu sepanjang 2018 ini.
Secara total, retail sales Daihatsu mencapai 111.519 unit atau naik 8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan angka wholesales mampu meraih angka sebanyak 112.893 unit, atau naik 4% dari tahun sebelumnya.
Tiga kontributor andalan penyumbang penjualan terbesar Daihatsu masih dipegang oleh Sigra, Gran Max Pick Up (PU) dan Xenia di posisi buntut, baik secara retail maupun wholesales.
Sigra berhasil mengumpulkan angka penjualan sebanyak 28.029 unit, diikuti Gran Max PU 22.712 unit dan Xenia sebesar 19.053 unit. Perolehann retail Xenia turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang tergapai 19.873 unit.
Unit lain meliputi Ayla sebesar 13.798 unit, Gran Max Mini Bus (MB) 8.726 unit, serta Luxio, Sirion dan Hi-Max, berkontribusi total sebesar 3.256 unit.
Sementara untuk wholesales, komposisi tiga urutan teratas penyumbang penjualan Daihatsu masih dikuasai Sigra dengan raihan 28.281 unit, Gran Max PU sebesar 23.560 unit dan Xenia dengan jumlah penjualan sebanyak 18.061 unit.
Disusul Terios mengisi urutan berikutnya dengan pencapaian 15.719 unit, Ayla 15.276 unit dan Gran Max MB sebanyak 8.875 unit. Model lainnya seperti Daihatsu Luxio, Sirion, dan Hi-Max berkontribusi total sebesar 3.121 unit.
Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor menuturkan dengan pencapaian yang diraih Terios, pihaknya bertekad akan meningkatkan kapasitas produksi demi memenuhi penumpukan inden dari konsumen yang makin mengular.
“Walaupun terjadi inden, Terios tetap banyak peminatnya. Kami terus berusaha untuk meningkatkan kapasitas produksi demi memenuhi permintaan Sahabat Daihatsu,” pungkas Amelia. [dp/MTH]