Ini Dia Mobil Formula Sapuangin 6 Karya Asli Mahasiswa ITS


SURABAYA (DP) – PT Pertamina Lubricants mendukung penuh diluncurkannya mobil balap Formula Sapuangin Speed 6, karya ‘asli’ dari team Sapu Angin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Minggu (26/8) lalu, di Surabaya Town Square.

Bentuk dukungan ini menjadi bukti komitmen Pertamina Lubricants guna menunjukkan komitmennya untuk kemajuan pendidikan Indonesia terutama dibidang inovasi baru teknologi mesin.

Budi Suharyanto, Sales Region Manager V Jatim Balinus PT Pertamina Lubricants, mengatakan pihaknya bangga untuk memberikan apresiasi terhadap anak bangsa, untuk berpretasi di kancah internasional.

“Tentunya kami bangga bisa menjadi bagian dari inovasi dan kreativitas generasi penerus negeri ini, untuk mengharumkan nama Indonesia,” ujar Budi dalam siaran resminya, Senin (27/8).

Mobil balap ini dijadwalkan bakal diterjunkan dalam ajang ‘Student Formula Japan 2018’, di Ecopa Stadium, Shizuoka Prefecture, Jepang, 4-8 September 2018 mendatang.

Ajang ini sendiri merupakan even tahunan yang diadakan oleh JSAE (Japan Society of Automotive Engineering). Tidak hanya di Jepang (Asia), Student Formula juga diadakan di beberapa benua lain yaitu Australia, Eropa, dan Amerika.

Baca juga:  Outlet Enduro Express Hadir di GrabBike Lounge Kebayoran Lama

Wakil Rektor I ITS, Prof. Heru Setyawan menyampaikan terima kasihnya kepada pihak PT Pertamina Lubricants yang telah terus menerus memberikan dukungannya kepada ITS untuk terus berkarya hingga dikenal di kancah dunia.

“Team Sapuangin sendiri fokus untuk menciptakan dua jenis mobil, yaitu mobil hemat energi dan mobil formula. Mobil formula karya ITS Team Sapuangin ini sudah mencapai generasi ke-6,” tutur Heru lebih lanjut.

Pencapaian Sapuangin sendiri terbilang bagus di mata dunia, terutama dalam ajang Student Formula Japan yang diikuti. Terbukti dari prestasi-prestasi yang di raih seperti menjadi Best Rookie Award, atau sebagai pendatang pertama terbaik di tahun 2013, serta peringkat Sapuangin yang menunjukkan trend meningkat selama keikutsertaannya.

Selain dari ITS, tercatat terdapat beberapa universitas lain yang juga akan berlaga di kompetisi tersebut, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). [dp/MTH]