Tak Cuma Gagah dan Tampan, Audi SQ2 Juga Kuat


PARIS (DP) – Tak ada gembar-gembor dari Audi sampai akhirnya pabrikan asal Jerman ini menampilkan crossover keren bernama SQ2.

Bagi yang penasaran bisa menyimak lebih seksama detail dari SQ2 di ajang Paris Motor Show pekan depan. Tapi meski akan diperkenalkan di salah satu pameran otomotif terbesar di Eropa itu, sepertinya debutnya tak akan dihelat di Paris, karena Audi belum memperlihatkan gambar teaser sama sekali.

Kalau tidak salah, SQ2 akan menjadi model versi S terkecil yang dimiliki Audi. Tapi meski kecil, jangan tanya performanya. Crossover over ini diperkirakan memiliki tenaga 296 horsepower dan torsi 295 pound-feet (400 Newton-meters).

Catatan itu didasarkan pada asumsi SQ2 akan meminjam mesin Audi S3, yakni mesin bensin turbocharged 2.0 liter. Jika benar, mesin TFSI itu bisa menggiring SQ2 untuk sprint dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik dan kecepatan puncaknya yang dikendalikan secara elektronik mencapai 250 km/jam.

Baca juga:  Anda Setuju Kalau Wajah Nissan Juke Seperti Ini?

Sebagai kendaraan racikan Audi beremblem S, besar kemungkinan SQ2 dibekali mesin 4 silinder yang tenaganya disalurkan ke semua rodanya melalui sistem Quattro, yang ditopang sistem pemindah gigi dual-clutch dan girboks S Tronic 7 percepatan.

Tampilan gagah SQ2 tak hanya dipancarkan oleh desain eksterior, terutama bagian fascia depan yang didominasi garis-garis tegas, juga terlihat dari pemakaian roda berukuran 18 atau 19 inci.

Untuk pengendalian, new Audi SQ2 diklaim lebih mantap berkat tongkrongan yang lebih rendah 20 millimeter daripada model lainnya berkat penggunaan suspensi sport yang lebih keras, yang membuat crossover ini mantap ketika melahap tikungan dalam kecepatan tinggi.

Dengan tenaga yang cukup besar, Audi membekali SQ2 dengan rem yang lebih besar, yakni 340-mm untuk depan dan 310-mm di belakang. Ada label S berkelir merah pada kaliper rem yang ditawarkan sebagai fitur opsional, sedangkan versi standar berwarna hitam.

Baca juga:  Jika Diproduksi, Pick-up VW Atlas Tanoak Bikin Mata 'Silau'

Ada juga klaster instrumen digital keren dengan menampilkan logo S ketika pengemudi menghidupkan mesin.

Kalau melihat tampilan dan ekspektasi performanya, Audi SQ2 akan menambah sengit persaingan di segmen crossover mewah kompak yang juga dihuni BMW X3, Mercedes-Benz GLC 200 dan juga Lexus NX. [dp/TGH]