Dua Gaya Toyota Corolla Coba Goda Eropa


PARIS (DP) – Toyota memanfaatkan gelaran Paris Motor Show 2018 yang dibuka pekan ini untuk menggoda calon konsumen melalui sejumlah model anyar, terutama untuk menyegarkan kembali ingatan publik terhadap nama Corolla menyusul dihentikannya produksi dan penjualan Auris di Benua Eropa.

Berbeda dengan beberapa pasar lain, Toyota merilis Corolla 2019 dalam dua model, yakni hatchback dan wagon, dan dua-duanya mengandalkan desain yang bergaya dan dapur pacu hybrid, yang menjanjikan performa apik dan konsumsi bahan bakar yang irit.

Seiring dengan memudarnya pesona mesin diesel di Eropa, maka Toyota berharap mesin hybrid terkini yang disematkan pada sejumlah model kendaraan yang dipasarkan di Benua Biru tersebut semakin diminati.

New Corolla yang debut di Paris ini juga mengandalkan teknologi hybrid untuk masing-masing model, yakni hatchback dan wagon, dengan dua pilihan mesin. Selain itu, ada juga yang ditawarkan dalam dengan pilihan mesin konvensional, yakni mesin bensin 1.2 liter turbo bertenaga 116 PS (114 hp).

Baca juga:  Berkat IIMS, Penjualan Honda Melonjak 58%

Mesin hybrid yang bisa mengisi daya baterai sendiri memiliki kapasitas 1.8 liter bertenaga 122PS (120hp) dan torsi 142 Nm (105 lb-ft). Dengan dukungan motor listrik, tenaga bertambah 53 kW (72 PS/71 hp) dan torsi menjadi 163 Nm (120 lb-ft).

Juga ada yang berkapasitas 2.0 liter bertenaga 180PS (178hp) dengan torsi 192 Nm (142 lb-ft). Mesin itu didukung oleh motor listrik yang ditenagai baterai nickel-metal hydride.

Toyota dalam ketarangan tertulisnya, menyebutkan bahwa untuk Corolla bermesin 2.0-liter menyasar pembeli yang mendambakan pengemudian dinamis dan performa tinggi.

Kedua model Corolla itu sama-sama dibangun di atas platform anyar Toyota, TNGA GA-C, yang menjanjikan pengemudian mantap dan stabil berkat titik bobot kendaraan rendah, suspensi belakang standar multi-link dan kerangka bodi yang 60 persen lebih rigid. Dengan racikan seperti itu, New Corolla menawarkan pengemudian, pengendalian dan kestabilan yang lebih baik tanpa mengorbankan kenyamanan.

Baca juga:  Sstt...Mercedes dan BMW 'Bermesraan' Bikin Komponen

Khusus untuk model wagon, Corolla Touring Sports, diklaim memiliki kepraktisan tinggi dengan bodi yang lebih panjang 58 mm ketimbang Auris. Dan yang terpenting, wheelbase yang lebih panjang 100 mm, sehingga menjadi total 2.700 mm, menempatkan model ini sebagai salah satu wagon terbaik di kelasnya dari sisi ruang kaki bagi penumpang belakang. Tak cuma itu, ruang bagasi yang memiliki volume 598 liter, cukup untuk menampung barang bawaan dengan semua tempat duduk difungsikan. [dp/TGH]