Toyota RAV4 Hybrid Siap Lanjutkan Sukses Pendahulunya di Eropa


PARIS (DP) – Toyota menggelar debut di Eropa untuk RAV4 Hybrid di ajang Paris Auto Show 2018, setelah SUV generasi terbaru ini melakukan debut global pada hajatan New York Auto Show awal tahun ini.

RAV4 generasi baru ini menjadi SUV pertama di jajaran model SUV Toyota yang mengadopsi platform TNGA. Dengan platform ini, RAV4 diklaim memiliki tingkat kestabilan dan pengendalian yang mantap. Hal itu berkat penempatan titik bobot kendaraan yang lebih rendah dan tingkat kekakuan (rigid) bodi meningkat 57 persen, belum lagi distribusi bobot yang kini 51 menjadi 49 untuk depan dan belakang.

Untuk suspensi belakang mengadopsi desain double wishbone, yang menawarkan kualitas pengemudian lebih baik, pengendalian mantap dan lebih presisi.

Dapur pacu yang diusung new Toyota RAV4 Hybrid adalah mesin bensin 2.5 liter Dynamic Force dengan dua motor listrik. Kombinasi itu menghasilkan tenaga 219hp (222PS), lebih besar ketimbang model lawas yang bertenaga 194hp.

Baca juga:  Berkenalan dengan Mitsubishi Strada Triton Berwajah Xpander

Teknologi hybrid generasi keempat yang dipakai RAV4 Hybrid mengalami banyak perbaikan, yang meliputi pembenahan pada power control unit dan baterai Nickel metal-hydride yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan baterai lama.

RAV4 Hybrid masih menggunakan girboks CVT, tapi Toyota mengklaim sudah mengalami peningkatan pada operasionalnya. Toyota RAV4 Hybrid juga dilengkapi electric all-wheel drive system yang sudah mengalami peningkatan performa secara signifikan.

Tingkat torsi yang dialirkan ke roda belakang juga meningkat 30 persen, dengan perbandingan depan-belakang kini berkisar dari 100:0 hingga 20:80, yang membuat RAV4 lebih mumpuni melibas berbagai kondisi medan.

Toyota memperkirakan New RAV4 Hybrid akan melanjutkan sukses yang diraih model sebelumnya, yang menyumbang 85 persen dari total penjualan RAV4 di Eropa Barat. Konsumen di kawasan tersebut juga ditawarkan varian dengan mesin bensin konvensional 2.0 liter, yang dilengkapi transmisi manual atau otomatis.

Baca juga:  Changan Pamer Crossover Keren, Tapi Mirip Mobil Apa Ya?

Mesin bensin 2.0 liter pada New RAV4 juga disematkan all-wheel drive system, dengan model yang menggunakan CVT dilengkapi dengan torque vectoring pada roda belakang. [dp/TGH]