Pertamina Optimalisasi Layanan SPBU di Tol Trans Jawa


JAKARTA (DP) – PT Pertamina berencana untuk mengoptimalkan layanan Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Ini dibuktikan dengan bakal ditambahkannya titik layanan SPBU di ruas tol tersebut.

Rencana itu terungkap usai perwakilan Pertamina mengikuti kegiatan Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa 2018, yang digagas oleh Kementrian BUMN, Senin (12/11) lalu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meninjau progress dari tol itu.

Perjalanan dimulai dari Kantor GT Waru Gunung Jalan Tol Surabaya – Mojokerto, hingga Jakarta yang diprediksi bakal menempuh jarak kurang lebih sejauh 750 km dalam waktu kurang lebih 16 jam.

Enam titik rest area dijadikan pit stop untuk ditinjau sekaligus menjadi titik singgah untuk beristirahat. Pertamina menyiapkan pengoptimalan pelayanan seperti layanan BBM Kemasan dan Mobile Fuel Dispenser di beberapa titik Rest Area.

Selain itu, di pit stop terakhir sebelum menuju Jakarta yaitu Rest Area KM 229B Kanci – Pejagan (arah Jakarta) sudah terdapat SPBU yang beroperasi.

Baca juga:  Sinergi Tiga BUMN ini Jamin Ketersediaan SPBU di Tiap Rest Area

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati mengatakan, SPBU di rest area ini sudah beroperasi kurang lebih satu bulan dan produk yang tersedia pun lengkap, mulai dari premium, solar, pertalite, pertamax series dan dexlite.

“Berkaca pada pengalaman SATGAS Ramadhan Idul Fitri 2018, pengoptimalan beberapa titik tol fungsional diantaranya Rest Area KM 229B yang sebelumnya belum tersedia SPBU, saat SATGAS RAFI kita sediakan kios kemasan pertamax yang menjual BBM kemasan, mobile fuel dispenser hingga motor kemasan,” ujar Dian dalam siaran resminya, Selasa (13/11).

“Terbukti titik rest area ini sebagai tempat istirahat dan pelayanan (TIP) saat mudik mampu kami optimalkan pelayanannya dalam hal pengisian BBM, serta menjadi salah satu titik untuk mengurai kemacetan para pemudik,” terang Dian.

Dian menuturkan, tambahan titik layanan SPBU di Rest Area KM 229B dengan produk BBM Pertamina yang lengkap, tercatat konsumsi rata-rata produk Gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series) kurang lebih hingga 7.300 liter per hari.

Baca juga:  Zach King 'Membius' Para Millenial di Booth Toyota

Sedangkan konsumsi rata-rata produk Gasoil (Solar dan Dexlite) kurang lebih mencapai 8.450 liter per hari, pada periode satu bulan terakhir selama beroperasi.

Dian berharap dengan adanya tambahan titik layanan SPBU di ruas Tol Trans Jawa ini, mampu bekerja optimal dalam melayani kebutuhan masyarakat.

“Terutama yang terdekat jelang Natal dan Tahun Baru, kami harap dengan optimalisasi titik-titik rest area mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama periode libur tersebut nantinya,” pungkasnya. [dp/MTH]