Hino Gelar Customer Satisfaction (CS) Contest 2018 ke Delapan

Ujian Salesman Hino dalam CS Contest 2018.

TANGERANG (DP) – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar kompetisi Customer Satisfaction (CS) Contest 2018, di Tangerang, 14-15 November. Kontes ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasaan para konsumennya, dengan cara memacu kemampuan seluruh jajarannya.

Kompetisi yang memasuki tahun ke delapan ini, berfokus pada pelayanan sales, service dan spare part dari dealer Hino, bertemakan ‘Satu Team, Satu Tujuan, Kita Wujudkan Hino Total Support Menuju Era Baru’.

Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, menuturkan dihelatnya kontes ini juga sebagai bagian dari bentuk dukungan pada upaya pemerintah terkait peraturan standard emisi Euro IV dan bahan bakar B20 bagi kendaraan komersial.

Test mechanic mesin common rail Hino dalam CS Contest 2018.

Tujuan lain dari kontes ini, untuk mengevaluasi pemahaman staf dealer dan pelaksanaan Hino Standard Operation Prosedur (CS SOP) yang sangat berhubungan dengan kepuasan pelanggan.

Untuk itu, HMSI terus memperbaharui dan menyesuaikan materi tes setiap tahunnya sesuai dengan situasi pasar terbaru. Selain evaluasi, sesi pendidikan juga termasuk dalam CS Contest, dimana semua peserta dapat mengamati proses scoring dari para finalis dan mempelajari tingkat dan proses standar operasi yang harus dicapai.

Baca juga:  Cara Gunadi dan Viar Vortex 250 Raih 'Medali Emas' di Himalaya

“Kami ingin setiap sumber daya manusia di diler Hino memiliki product knowledge yang mumpuni. Sehingga dapat memberikan solusi bisnis kepada setiap customer yang membutuhkan armada bisnis,” ujarnya.

“Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan teknik dan kerjasama tim sehingga kepercayaan konsumen dapat terus terjaga”.

Suasana Ujian Test mechanic Hino CS Contest 2018.

Dalam CS Contest 2018 kali ini diikuti 490 peserta dari 41 diler Hino di seluruh Indonesia. Total ada 12 kategori yang dilombakan, dimana ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 10 kategori.

Kategori dilombakan yaitu salesman light duty truck, salesman medium duty truck, service advisor, mechanic, customer care officer, fleet part salesman, warehouse, Hoyu Manager, Field Advisor, Internal Dealer Training (IDT), dan yang terbaru After Sales Internal Dealer Training (IDT) serta Salesman Bus.

Bersamaan dengan itu, Hino juga mengadakan program CSR berupa pendidikan dan pelatihan para mekanik melalui salah satu program trainingnya yaitu Preventive Maintenance Course. Dalam CSR ini diberikan training kepada mekanik dari PT Perum Damri, PT Pertamina Patra Niaga, dan PT Elnusa Petrofin.

Baca juga:  Berlabuh di Balikpapan, DDC 2018 Jaring 51 Modifikator Lokal
Ujian Warehouse Management dalam Hino CS Contest 2018.

Para mekanik diberikan pemahaman menyeluruh mengenai penanganan, perbaikan dan perawatan kendaraan Hino dengan program pelatihan seperti dasar-dasar keselamatan kerja, pengetahuan produk Hino, serta perawatan rangka dan mesin.

Program pelatihan ini diberikan untuk pengembangan mekanik perusahaan yang memiliki kendaraan Hino namun tidak memiliki kesempatan untuk melaksanakan training berjenjang bagi para mekaniknya. [dp/MTH]