Akhiri Perseteruan Musim 2018, Hamilton dan Vettel Bertukar Helm


ABU DHABI (DP) – Seri pamungkas balapan Formula Satu yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (25/11), diwarnai beberapa kejadian mengesankan yang melibatkan sejumlah pebalap top.

Salah satu yang menarik perhatian adalah ‘mesranya’ dua rival berat, yakni pebalap Ferrari Sebastian Vettel dan jagoan Mercedes Lewis Hamilton. Pebalap yang disebutkan terakhir telah memastikan gelar juara dunia Formula Satu musim ini, dan pada seri terakhir pebalap Inggris itu juga berhasil finish terdepan, yang diikuti Vettel sebagai runner-up.

Dengan berakhirnya seri balap jet darat musim ini, maka berakhir pula perseteruan antara keduanya yang terjadi sejak awal musim. Meski keduanya sempat terjadi ‘gesekan’ akibat sengitnya persaingan, namun Vettel dan Hamilton tetap menjunjung sikap sportif dengan saling memberikan respek. Hal itu diwujudkan dengan saling bertukar helm.

Tak hanya pada momen itu keduanya kompak, karena setelah balapan usai dan Fernando Alonso ‘pamit’ dari ajang balap mobil kasta tertinggi ini, Vettel dan Hamilton memberikan penghormatan kepada sang legenda hidup asal Spanyol itu dengan melakukan gerakan membentuk donat menggunakan tunggangan masing-masing mengapit Alonso yang mengendarai McLaren berkelir orange.

Baca juga:  Eiger Flagship Store Ada di Jakarta, Riding Gear-nya juga Lengkap

Kembali ke perseteruan antara pebalap Mercedes dan Ferrari itu, keduanya saling mengalahkan untuk memperebutkan gelar juara dunia dalam dua musim terakhir, dengan Hamilton berhasil unggul dengan merengkuh dua gelar juara dunia berturut-turut pada 2017 dan 2018.

Terkait dengan aksi saling tukar helm antara Hamilton dan Vettel di Abu Dhabi, Hamilton membandingkannya dengan para pemain di cabang olahraga lain yang saling bertukar kaos.

“Bertukar helm ini sebagai bentuk penghormatan yang bisa dilakukan para pebalap. Ini adalah bentuk penghormatan tertinggi yang bisa dilakukan para pebalap,” sebut Hamilton seperti dikutip Autosport.

“Ini semacam kostum bagi kita. Jadi, balapan inilah salah satu pekerjaan saya, pekerjaan terbaik tahun ini, dan sangat menyenangkan balapan melawan Anda,” kata Hamilton kepada Vettel.

Sementara Vettel mengaku dirinya sudah menantikan kesempatan untuk bertukar helm dengan Hamilton untuk pertama kalinya dalam karir mereka.

Baca juga:  Ricciardo Rebut Pole Position, Red Bull Start 1-2 di GP Meksiko

“Selamat buat Anda, lima gelar juara dunia, ini merupakan pencapaian hebat. Saya berharap dapat mengalahkan Anda lagi!”

Sambil berkelakar Hamilton mengatakan bahwa Vettel tidak akan pernah bisa benar-benar menggunakan helm yang diberikan olehnya karena kepala Vettel lebih kecil.

Selama berkarir di Formula Satu, Hamilton dan Vettel telah memenangi delapan dari sembilan gelar juara dunia Formula Satu, yang salah satunya ‘dicuri’ oleh eks rekan setim Hamilton, Nico Rosberg.

Adapun momen menarik lain selain aksi saling tukar helm dan penghormatan kepada Alonso, juga perpisahan antara Renault dengan tim Red Bull. Padahal duet ini telah memberikan tekanan berat terhadap Mercedes dan Ferrari. Bahkan Vettel pernah merebut gelar juara dunia saat masih membela Red Bull.  [dp/TGH]