Mau Bergaya dengan Skutik Listrik? Sewa Saja


JAKARTA (DP) – PT Triangle Motorindo, pemegang merek Viar di Indonesia, rupa-rupanya telah menggelontorkan program layanan terbaru khusus untuk skuter matik (skutik) bermesin listrik Q1, yang diberi nama Q-Rent.

Sejatinya, layanan ini telah digelontorkan pihak Viar Motor Indonesia sejak awal bulan ini. Selain itu, adanya layanan rental ini diyakini bisa menjawab kegundahan perusahaan-perusahaan dibidang transportasi pada biaya operasional yang kian mahal.

Marketing Communication Division PT Triangle Motorindo, Frengky Osmond menuturkan dengan adanya layanan ini, perusahaan transportasi tak lagi dibebani biaya operasional yang tinggi karena Q1 diklaim lebih irit.

“Karena Q1 adalah motor listrik jadi tidak perlu mengisi bensin dan melakukan perawatan terhadap kendaraannya,” ucapnya kala dihubungi Dapurpacu, beberapa waktu lalu.

Disisi lain, pengguna Q1 nantinya tidak perlu kuatir karena motor ini sudah dibekali dengan surat-surat resmi dari Kepolisian yakni STNK. Selain itu, tersedia juga layanan Viar Emergency Roadside Assistance (VERA) bila terjadi kendala di jalan.

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas layanan tersebut, lanjut Frenky, calon penyewa hanya cukup memberikan data berupa foto KTP, SIM, Foto diri beserta dengan identitas, dan mengisi formulir yang telah disediakan oleh tim marketing kami.

Nantinya, selain unit yang telah dipersiapkan, calon penyewa juga diberikan satu baterai lagi sebagai pengganti kala baterai yang satu sedang di charge ulang.

Frenky menambahkan bahwa layanan ini baru tersedia di wilayah Jadetabek, dengan ketersediaan unit baru 20 motor. Adapun jangka waktu penyewaan hanya diberikan selama satu minggu saja.

“Karena ketersediaan unit terbatas, jadi sekalian kami kontrol juga dengan waktu peminjaman (seminggu) tersebut. Kami berencana menyebarluaskan layanan ini ke kota-kota lainnya,” kata Frengky.

Kota Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan dan Bali, menjadi target bidikan Viar Indonesia guna dijadikan sebagai kota berikutnya untuk layanan Q-Rent ini.

“Waiting list yang tercatat sudah cukup banyak untuk di Jadetabek. Sementara kota-kota lain mengaku sudah menanti agar bisa mendapatkan fasilitas layanan ini,” tutup Frengky.

Viar Q1 menjadi motor listrik legal pertama di Indonesia dengan garansi motor listrik selama tiga tahun. Garansi ini hanya berlaku untuk perawatan rutin di bengkel resmi Viar sesuai ketentuan dalam buku servis.

Skutik ini dibekali baterai Lithium-ion maintenance free spesifikasi 60v20AH, dengan estimasi umur 600-800 siklus pengisian. Kapasitas maksimumnya adalah 2 kWh, dengan estimasi pengisian penuh sekitar 6 jam pada tegangan 220 volt. [dp/MTH]