Fitur Baru Apa Saja yang Ada di Kabin Avanza-Xenia 2019


JAKARTA (DP) – Hanya tinggal dalam hitungan hari, duo low MPV sejuta umat terbaru, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia model 2019 bakal menyapa publik otomotif nasional. Meski, lagi-lagi, hanya dibubuhi kata facelift, tetap saja konsumen otomotif Indonesia menantikan berbagai ubahan signifikan dari kedua mobil tersebut.

Hebohnya jagat maya dengan hadirnya tampilan luar Avanza dan Xenia terbaru langsung memunculkan beragam opini dari para netizen, baik positif maupun negatif. Setelah sektor eksterior kami ulas sebelumnya, kini giliran sisi interior yang dimunculkan lewat akun instagram yang sama.

Berdasarkan foto yang disebut-sebut sebagai wujud asli dari New Avanza tersebut, ditonjolkan sisi kokpit yang juga mengalami minim penyegaran. Hanya berupa tambahan beberapa fitur penunjang kenyamanan berkendara bagi pengemudi maupun penumpang depan.

Di situ tertera di lingkar kemudi dibubuhi empat tombol pengatur audio (audio steering switch), sementara head unit layar sentuh baru terpasang diikuti sistem pengontrol AC secara digital, menggantikan model kenop.

Baca juga:  'Jangan Paksa' Sigra Lawas Mirip New Daihatsu Sigra
Tombol engine start/stop kini disinyalir tersedia pada Avanza terbaru.

Secara kasat mata, nuansa pada kabin tidak ada ubahan signifikan, mulai dari desain setir palang tiga, jok (entah dibungkus bahan fabric atau kulit), serta balutan warna di dashboard.

Kemunculan foto lain juga menunjukkan tersedianya tombol start/stop engine, yang sepertinya ditempatkan di sisi kanan pengemudi tepat di bawah kisi-kisi AC. Fitur ini menjadi salah satu pemikat bagi calon konsumen baru Avanza. Tapi, tidak semua model punya fitur seperti ini.

Pada instrument panel juga memperlihatkan MID plus logo Toyota Traction Control System (TRC) atau fitur sistem kontrol traksi.

Perangkat airbag yang sudah disematkan pada model terdahulu, juga dengan penempatan posisi yang belum banyak berubah. Menyiasati rival, tampaknya Avanza model 2019 juga akan disematkan fitur Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC).

Logo sistem kontrol traksi ada di layar MID.

Entah gimmick apalagi yang bakal dipasangkan Toyota dan Daihatsu agar konsumen tidak mengalihkan mata, melihat ubahan minor pada kedua low MPV tersebut.

Baca juga:  Ini Dia Sentuhan Terbaru dari Toyota Calya Facelift

Kabarnya, informasi peluncuran New Avanza bakal dilaksanakan pada 15 Januari. Bila Anda memang sudah kepincut untuk meminangnya, siapkan mahar sebesar Rp10 juta dan sudah bisa dipesan di seluruh dealer Toyota. [dp/MTH]