Amelia: Xenia Varian Mesin 1.5 L Bakal Bersaing di Pasar Low MPV

Grand New Xenia belum berkontribusi besar pada penjualan Daihatsu sepanjang Januari lalu.

JAKARTA (DP) – Kehadiran Grand New Xenia memang berimbas pada banyak momentum spesial yang telah dan bakal dihasilkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ke depannya kelak. Salah satunya adalah kemunculan mesin terbaru pada penyegaran Xenia kali ini.

Kemunculannya pun digadang-gadang menjadi era kebangkitan low MPV andalan Daihatsu di Indonesia tersebut. Yang berarti saat ini lini produk Grand New Xenia kini bisa disejajarkan dengan para rival termasuk ‘sang adik’ Toyota Avanza maupun Veloz.

Meski hanya ‘menerjunkan’ dua varian bermesin 1.500 cc dengan teknologi Dual VVT-i, langkah ini merupakan terobosan mutakhir dari kubu Daihatsu, yang selama ini masih dianggap ‘anak bawang’ walaupun menempati segmen yang sama.

“Hadirnya varian terbaru Grand New Xenia bermesin 1.500 cc semakin melengkapi pencapaian positif Daihatsu selama 15 tahun ini mengisi segmen pasar yang paling diminati konsumen Indonesia,” ujar President Director PT ADM, Tetsuo Miura, di sela-sela peluncuran Grand New Xenia di Daihatsu BSD Astra Biz Center, Tangerang, Selasa (15/1).

Baca juga:  'Jangan Paksa' Sigra Lawas Mirip New Daihatsu Sigra

Di sisi lain, pencapaian Xenia yang telah berusia 15 tahun di 2019 ini terbukti cukup moncer membayangi kinerja positif penjualan lini produk Daihatsu lainnya. Selama itu, Xenia mampu mengukir angka penjualan sebanyak lebih dari 643 ribu unit.

Selain itu, prestasi lain yang ditunjukkan yaitu penjualan retail yang mencapai 200 ribu unit sepanjang 2018, atau naik 8,1 unit dibandingkan tahun lalu. Sementara untuk penjualan wholesales ditorehkan angka sebesar 202.738 unit (data Astra International).

Secara hasil, pencapaian tersebut merupakan rekor baru penjualan Daihatsu selama ini dan menjadikannya kokoh menempati posisi kedua tangga penjualan mobil di Indonesia.

Kembali ke soal varian bermesin baru, Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengatakan bahwa hadirnya model ini merupakan bagian dari strategi pemasaran ADM di Indonesia.

Diakuinya bahwa fitur-fitur yang disematkan pada varian ini memang tidak selengkap New Avanza tipe teratas maupun New Veloz, seperti misalnya tombol Start-Stop Engine.

Baca juga:  'Kepergok' Facelift Sigra di Showroom Daihatsu, Astra Biz Center BSD

“Untuk varian R 1.5 Deluxe sebagai tipe teratas Grand New Xenia hanya kami pasangkan fitur keselamatan anti-lock brake system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD),” jelasnya.

“Kami sudah melihat dan memutuskan bahwa untuk fitur paket yang lengkap, kami hanya taruh di paling tinggi. Sehingga harga yang paling tinggilah yang paling mahal,” pungkas Amelia. [dp/MTH]