Mengintip Daihatsu Copen GR Sport, Si Imut Nan Sporty


TOKYO (DP) – Kemunculan Daihatsu Copen Coupe edisi terbatas mungkin menjadi salah satu model yang menjadi perbincangan pengunjung Tokyo Auto Salon 2019 yang berlangsung pada akhir pekan lalu.

Tapi sebenarnya, pengunjung pameran kendaraan modifikasi terbesar di Negeri Sakura itu juga dihebohkan dengan kehadiran Daihatsu Copen versi yang lain. Kalau melihat siapa di balik modifikasi Copen tersebut, Anda pasti kecele.

Gazoo Racing namanya. Anda pasti tahu rumah modikasi atau tuner ini sangat lekat dengan merek Toyota, karena memang itu merupakan divisi di bawah Toyota Motor Corp. yang mengelola tim-tim balap Toyota di berbagai ajang, termasuk di ajang reli dunia bersama Yaris.

Anda tak perlu heran, karena Daihatsu sendiri adalah anak perusahaan Toyota, maka kerjasama dengan Gazoo Racing bukanlah sesuatu yang aneh.

Untuk di Tokyo Auto Salon kali ini, Daihatsu memboyong dua kendaraan konsep berbasis Copen, yaitu GR Sport dan Copen Cero Sports Premium. Untuk model pertama adalah proyek kerjasama antara Daihatsu dengan Toyota Gazoo Racing. Hasilnya, roadster imut ini memiliki penampilan lebih sporty dan dinamis, terutama bagian depan yang didominasi sudut-sudut tajam, seperti gril dan rumah lampu utama. Logo GR juga terpampang di gril dan pintu bagasi belakang.

Baca juga:  DP 0% Diprediksi Bakal Dongkrak Penjualan Sektor Otomotif

Menurut Daihatsu dalam pernyataan tertulisnya, kerjasama dengan Gazoo Racing ini sebagai upaya penjajakan kerjasama berikutnya di masa mendatang. Jika Copen ala Gazoo Racing ini sukses di pasaran, bukan tak mungkin akan ada model-model lain Daihatsu yang akan dipermak oleh Gazoo Racing di kemudian hari.

Berkaca pada rekam jejak Daihatsu, bukan tak mungkin konsep Copen GR Sport itu akan melakukan debut sebagai model produksi pada ajang Tokyo Auto Salon 2020 mendatang.

Untuk proyek Copen, tim Toyota Gazoo Racing meningkatkan rigiditas (kekuatan) bodi roadster tersebut seraya juga membenahi sasisnya. Modifikasi lainnya mencakup pemakaian velg 16 inci BBS berkelir emas, rear diffuser, dan gril “Functional Matrix” dengan jaring-jaring berbentuk sarang lebah, yang biasa terlihat pada sejumlah model JDM Toyota GR. Sedangkan bagian kabin, aura sporty terlihat dari pemakaian tempat duduk Recaro dan panel instrumen yang didesain ulang.

Baca juga:  Komponen Pada Xpander Limited Bukan 'Berstatus' Aksesoris

Untuk dapur pacunya tak mengalami ubahan apapun, yakni tetap mengusung mesin 660cc turbocharged 3 silinder bertenaga 64 hp (65 PS), seperti yang dicangkokkan pada model Copen lainnya.

Sedangkan untuk Cero Sports Premium, model ini berbasiskan varian Copen bergaya retro dan mengadopsi gril unik berlapis krom, dengan atap soft top berwarna abu-abu dan sejumlah aksen dengan warna senada. Untuk tempat duduknya juga menggunakan Recaro seperti pada Copen GR Sport Concept.

Hmm…menarik juga konsep ini Daihatsu ini, dan ada bagusnya jika Astra Daihatsu Motor memboyong kedua konsep ini di ajang pameran Indonesia International Motor Show 2019 mendatang. [dp/TGH]