Nissan ‘Buka-Bukaan’ Wujud All New Livina di Jalan


JAKARTA (DP) – Langkah agresif yang dilakukan Toyota-Daihatsu pada New Avanza dan Grand New Xenia tampaknya mulai ditiru beberapa agen pemegang merek lain yang ‘bermukim’ di Indonesia. Kemunculan duo produk Astra ini memang terbilang menghebohkan jagad maya sebelum keduanya resmi diluncurkan.

Wuling Motors dan Dongfeng Sokon (DFSK) pun mulai mengikuti jejaknya, di mana Almaz akhirnya resmi diperkenalkan kepada para awak media sekaligus diberikan kesempatan untuk mengujinya terlebih dahulu di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Tak berhenti sampai di situ, DFSK juga ikut dalam ‘rombongan penjiplakan’ ini dengan memperlihatkan sosok muka dan buritan dari SUV terbarunya tersebut.

Entah apa namanya dari SUV anyar DFSK ini, yang pasti pihak PT Sokonindo Automobile pernah sesumbar bakal menghadirkan produk SUV lagi ke pasar Indonesia, menyusul kesuksesan Glory 580, yang diklaim cukup positif diterima konsumen.

Baca juga:  Jelang Liburan Tahun Baru, Auto2000 Beri 3 Promo Menggoda

Kini giliran kubu Nissan yang cukup gencar diberitakan akan segera merilis model gres tahun ini, dan digadang-gadang menyerupai merek ‘kongsinya’, Mitsubishi Xpander.

Akhirnya, sosoknya mulai terlihat di jalan-jalan dan tertangkap kamera tengah diuji. Dalam akun Instagram milik indra_fathan, diunduh wujud All New Livina model terkini pada pukul 16.37 WIB.

Tidak disebutkan di mana ‘tertangkapnya’ sosok MPV yang dahulunya menjadi andalan PT Nissan Motor Indonesia tersebut. “Murano? Bukan, ini dia all new Livina!” demikian tulis sang pemilik akun.

Dilabur warna oranye khas Nissan pada bodi, APM ini seperti ingin memperlihatkan tampilan keseluruhan dari model terbaru mobil keluarga tersebut. Tanpa kamuflase yang lazim tertempel pada mobil-mobil yang belum resmi dirilis ke pasar, tampak jelas lekuk tubuh luarnya secara keseluruhan.

Kemiripan dengan ‘sang kakak’, Xpander, jelas terlihat, mulai dari fascia depan seperti lampu utama di bumper dan LED light bar yang ditempatkan persis di bawah kap mesin.

Baca juga:  DFSK Ajak Warga Lampung Berpesta di Glory Day

Perbedaan pada tampilan depan tampak dari desain gril yang jauh menyerupai Xpander (X-shape/dynamic shield), di mana untuk all new Livina mengadopsi V-shape seperti model-model Nissan pada umumnya.

Begitu juga dengan lampu kabut model batang yang diletakkan persis di bawah lampu utama, plus tarikan garis membentang di bawahnya yang kelihatannya dibalut krom.

Rupa-rupanya, Nissan tak ingin keseluruhan desain luar Xpander ‘dicaplok’ habis-habisan untuk Livina anyarnya kelak. Bisa jadi inilah versi facelift Xpander yang diejawantahkan oleh Nissan.

Tidak hanya menangkap bagian depannya saja, tampilan samping hingga menyentuh bagian buritan pun diperlihatkan. Ternyata, all new Livina masih membawa desain floating roof pada Xpander ke dalam desainnya.

Begitu juga dengan tarikan garis tajam di bagian samping, persis sama. Untuk Livina baru ditambahkan ornamen krom pada jendela, yang membentang dari pilar A sampai ke pilar C.

Baca juga:  Glory Day Ajak Konsumen DFSK Bali Seru-seruan di Akhir Pekan

Di sektor kaki-kaki juga mengadopsi velg berdesain palang lima. Lagi-lagi, Nissan kembali menempelkan aksen krom persis di bawah kedua pintu dan keempat handle-nya. Menengok ke buritan, desain kombinasi lampu belakang juga menyerupai Xpander.

Kabarnya, tenaga penjualan showroom Nissan sudah mulai membuka keran untuk pemesanan all new Livina, dengan menyerahkan uang tanda jadi sebesar Rp5 juta disertai foto copy KTP.

Namun terendus informasi bahwa harga jual mobil ini melampaui banderol Xpander. Kabar baiknya adalah model ini bakal dirilis segera pada bulan depan, atau paling cepat akhir Februari ini. Penasaran? [dp/MTH]