DesmoDovi (Kembali) Tumbangkan Marquez di Qatar


DOHA (DP) – Andrea Dovisiozo berhasil menumbangkan keagresifan Marc Marquez di lap-lap terakhir hingga akhirnya menembus garis finish di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (10/3) atau Senin (11/3) dini hari.

Dengan catatan waktu 42:36.902, DesmoDovi unggul 0,023 detik dari The Baby Alien, dan menjadikan podium pertama baginya pada musim balap MotoGP 2019. Cal Crutchlow cukup beruntung mendapatkan podium ketiga, usai kesalahan dibuat oleh Alex Rins pada lima lap terakhir.

Atas kesalahan tersebut, pebalap Suzuki Ecstar itu harus puas berada di posisi keempat, diikuti Valentino Rossi di urutan kelima. Adalah kelima pebalap yang mengisi rombongan terdepan yang mampu mengusik publik dunia yang menyaksikan duel apik padang pasir.

Dan lagi-lagi, pil pahit kembali dirasakan Marquez di seri pembuka MotoGP musim ini. Duel panas di tiga lap akhir hingga bendera finish berkibar, seperti mengulang situasi yang sama musim lalu.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

Meski selepas start pertarungan keduanya diwarnai aksi ciamik Rins, atau debut impresif rookie Joan Mir, namun duel Dovi versus Marquez tetap lah yang menjadi sajian utamanya.

Adalah empat lap terakhir di mana pertarungan panas keduanya tersaji. Usai melewati Rins, Marquez mampu memangkas selisih dari Dovizioso. Perburuan The Baby Alien terhadap DesmoDovi pun dimulai.

Memasuki dua lap tersisa, sebuah kesalahan dibuat Dovi. Ia melebar dan kesempatan itu benar-benar tidak disia-siakan oleh Marquez. Pun demikian kondisi yang sama Dovi mengambil alih posisi puncak pada lap terakhir.

Tikungan terakhir kemudian menjadi puncak persaingan keduanya dan Crutchlow yang terus membuntuti. Cedera pergelangan kaki cukup serius yang dialaminya pada Oktober lalu seperti memotivasinya bersama tim LCR Honda.

Bagi Dovi, tumbangnya Marquez di lap-lap terakhir ini merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya, selain Qatar 2018, mereka bertarung sengit di Red Bull Ring dan di Motegi 2017.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

Acungan jempol patut disandingkan pada Rossi. Mengisi slot ke-14, The Doctor perlahan namun pasti mampu merangsek ke urutan terdepan. Sempat lama mengisi barisan kedua, posisi Rossi terus membaik hingga akhirnya meramaikan rombongan terdepan dan bersaing ketat dengan Crutchlow serta Rins.

Sedangkan rekan setim Rossi harus puas finish di urutan ketujuh, di belakang Danilo Petrucci yang sempat berada di tiga besar bersama rekannya. Lain halnya dengan Jorge Lorenzo yang finish ke-13.

MotoGP berikutnya dipentas di Termas de Rio Hondo, Argentina, pada 31 Maret mendatang. [dp/MTH]