Merasakan Sensasi All New Honda Brio


SENTUL (DP) – Mobil kecil tanpa buntut atau biasa disebut hatchback merebak sejak 1980-an, hingga kini semakin banyak pilihan merek yang dapat dimiliki untuk digunakan sebagai moda transportasi harian. Tidak heran, Honda terus menghadirkan line up jenis ini khususnya All New Brio.

Menjanjikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang, menjadi salah satu alasan utama mobil ini masih diminati konsumen. Selain dimensi mungil dianggap ringkas untuk membelah kepadatan lalu lintas perkotaan, pilihan warna lebih atraktif pun dihadirkan guna menangkap minat generasi muda sebagai kendaraan harian utama untuk bekerja, kuliah atau bahkan sekolah.

Dari segi desain versi terbaru generasi ketiga ini cukup signifikan perbedaannya dari yang sebelumnya. All New Honda Brio lebih mengentalkan kesan sporty di berbagai sisi.

Seperti warna phoenix orange pearl yang dirancang eksklusif until All New Honda Brio RS dengan Black Roof Top, Side Sill Garnish, Gloss Black Front Grille, Tailgate Spoiler, Sporty Rear Diffuser Spoiler, dan 15-Inch Alloy Wheels untuk mengekspresikan DNA sporty Honda.

Baca juga:  Berniat Mudik Pakai Motor? Cek Kondisi Ban Motor Yuk!

Untuk dapur pacunya, mobil ini dilengkapi dengan mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder terdiri dari 4 katup tunggal dengan ekspansi dibagian rasio katup (exhaust delay) yang disempurnakan untuk konsumsi bahan bakar lebih baik dengan mengurangi gesekan di setiap bagian mesin.

Namun akselerasi selama 7,2 detik untuk 0-100 km/jam berhasil didapat oleh mobil dengan transmisi otomatis ini.

Pada penggunaan jalan bebas hambatan di kecepatan tinggi, All New Honda Brio memang terasa nyaman. Namun, saat kecepatan rendah, tenaga yang dikeluarkan dari dalam mesin cukup maksimal, ketika kecepatan sudah mencapai 80km, mulai terasa maksimal dan gas terasa ringan ketika dipacu.

Penggunaan untuk jalan tol yang relatif konstan kecepatannya, perlu 22 kilometer untuk menghabiskan seliter bahan bakar bensin, mesin 4 silinder yang diusungnya terasa responsif.

Ruang bagasi menawarkan kelapangan yang cukup untuk membawa barang keperluan. Untuk sesekali diajak berbelanja bulanan bukanlah masalah bagi All New Honda Brio. Kabinnya simpel dengan desain dasbor menarik. Material kabin masih plastik keras normalnya mobil di kelas ini.

Baca juga:  Astra International Bakal Terus Melaju Meski Rupiah Loyo

Sementara agar bertelepon tidak mengganggu konsentrasi mengemudi, koneksi Bluetooth phone pun tersedia melengkapi fitur Bluetooth untuk mengkoneksikan lagu pada smartphone Anda.

Saat melintasi jalanan rusak, suspensi All New Brio terhitung memberikan peredaman yang cukup keras namun tak berlebihan. Tubuh penumpang tidak akan seperti dibanting-banting saat di dalam kabin dan busa jok yang cukup tebal pun turut memberikan redaman ekstra dari bantingan suspensi.

Dengan tinggi badan 172 cm, tidak sulit untuk keluar-masuk kabin. Bahkan pada jok penumpang belakang. Ruang kepala pun masih mendapatkan jarak aman dengan atap. Demikian dengan ruang kaki yang masih mendapat ruang gerak saat duduk. Ditambah setir palang tiga dengan multi switch control juga turut memberikan kesan yang sporty.

“Produk ini dirancang untuk kalangan generasi muda dan memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor pada acara test drive All New Honda Brio di Sentul, Rabu (20/3).

Baca juga:  New CB150 Verza Hadirkan Bodi dan Warna Baru

All New Honda Brio ini hadir dengan 7 pilihan warna, yakni Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red, Carnival Yellow dan Phoenix Orange Pearl with Black Top Roof sebagai warna utama until kelas RS.

Bila Anda ingin menebus All New Honda Brio, siapkan duit Rp191 juta untuk varian bertransmisi otomatis, yang bertranmisi manual dipatok mulai Rp140 juta. [dp/PNB]