Test Drive New Honda BR-V ‘Menaklukkan’ Jalur Pantura


JAKARTA (DP) – Jalur Pantai Utara (Pantura) memang terkenal ‘ganas’. Tantangannya, selain kepadatan lalu lintas, jalur menuju Demak sedang dalam perbaikan. Macet sudah pasti, ditambah lagi dengan jalan rusak dan bergelombang seolah menjadi ‘makanan’ sehari-hari para pengemudi yang melintas di kawasan tersebut.

Kali ini, Honda Prospect Motor (HPM) menantang puluhan awak media online termasuk dapurpacu.id untuk merasakan kenyamanan Honda BR-V yang baru saja mendapatkan ubahan minor change melintasi jalur Pantura dari Semarang menuju Jepara pada 2 – 3 Mei lalu.

Start dari Semarang, rombongan jurnalis mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi beberapa kafe dengan konsep zona nyaman (comfort zone) yang juga mencerminkan kenyamanan New Honda BR-V. Sambil menikmati makanan ringan dan sebagian foto gambar mengambil gambar berlatar tempat-tempat kuliner tersebut. Mau pakai model, silakan. Gak pun tidak masalah. Foto terbaik akan mendapatkan hadiah yang menarik.

Bowery Cafe, tempat nongkrong anak muda yang nyaman di Semarang.

Usai makan siang, rombongan test drive New Honda BR-V memulai perjalanan menuju Jepara melalui Pantura. Semua jenis mobil ada disini, mulai dari mobil kecil sejenis LCGC, MPV, SUV hingga truk berukuran besar berseliweran di jalur padat, merayap bahkan seringkali macet, gak bergerak untuk beberapa saat.

Dengan alasan itulah, Honda Prospect Motor meminta bantuan Patwal untuk mengawal perjalanan rombongan test drive Honda BR-V agar tidak terlambat sampai ke tempat tujuan. Sedikitnya ada 15 unit Honda BR-V pada hari itu melakukan konvoi menuju Jepara.

Lepas dari Kota Semarang, rombongan langsung berhadapan dengan kemacetan arus lalu lintas,  Beruntung ada Patwal yang mampu mengurai kemacetan di jalur tersebut, sehingga konvoi Honda BR-V bisa melaju dengan kecepatan di atas rata-rata.

New Honda BR-V berpose sejenak di salah satu kafe classic-cozy di Semarang, GoodFellas

Teman dapurpacu.id yang berada di balik kemudi tak henti-hentinya mengagumi performa Honda BR-V. Dengan ground clearance yang tidak terlalu tinggi, sekali pun menyetir dengan gaya sedikit ugal-ugalan, mobil ini tidak terasa limbung saat diajak bermanuver ke kiri dan ke kanan.

Sistem pengeremannya pun, woow! mantap. Dan saya pun, ikut terkagum-kagum, karena duduk di baris kedua tidak sampai terguncang, apalagi merasakan mual atau pusing sebagaimana halnya mobil kompetitor.

Diklaim sebagai mobil Low SUV yang memiliki performa terbaik di kelasnya dengan mesin 1.5L i-VTEC yang mencapai 120PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm, New Honda BR-V mampu menyemburkan tenaga besar. Dengan bodi rampingnya, membuat akselerasinya bisa diandalkan. Tarikan juga responsif mulai dari putaran bawah sampai atas.

Bayangkan saja, di jalur padat merayap, kami bisa menggeber Honda BR-V lebih dari 80 km per jam, bahkan tak jarang bisa mendekati 100 km per jam meski hanya dalam hitungan detik karena harus buru-buru menginjak pedal rem, akibat mobil di depan seringkali berhenti mendadak.

Butuh pengalaman dan konsentrasi penuh, memang untuk dapat mengendalikan mobil saat konvoi panjang seperti yang kami lakukan. Meleng sedikit fatal akibatnya. Bisa-bisa terjadi tabrakan beruntun.  Alhasil perjalanan dari Semarang ke Jepara sejauh 80 km yang biasanya di tempuh empat sampai lima jam, dengan bantuan Patwal, rombongan test drive BR-V hanya memerlukan waktu sekitar tiga jam.

“Honda BR-V itu sebenarnya cocok dipakai kegiatan dan kebutuhan apa saja. Mau lewat tol, jalan pegunungan, dalam kota, antar kota, dan sebagainya. BR-V mampu mengakomodir itu semua. Salah satunya, kita mencoba jalur biasa yang penuh tantangan dan kelincahan, yakni jalur Pantura,” papar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM, usai makan malam di Hotel D’Season Premiere Jepara.

Model terbaru Honda BR-V menawarkan kenyamanan yang lebih baik dibanding model sebelumnya. “Kami banyak melakukan penyegaran yang berhubungan dengan kenyamanan dalam berkendara, terutama di dalam interior,” kata Jonfis di Semarang, sebelum sesi tes drive dimulai.

Ia menilai, BR-V terbaru juga lebih mewah dengan jok yang sudah dibungkus kulit berwarna hitam dengan aksen merah. Balutan kulit tidak hanya di bagian kursi, tapi juga membungkus bagian setir, tuas transmisi, dan sandaran tangan di pintu. Sentuhan kulit ini memang membuat penampilan interior Honda BR-V sedap dipandang, jok juga lebih nyaman dan tidak membuat punggung cepat lelah.

Seperti mobil-mobil setengah premium lainnya, Honda juga membenamkan One Push Ignition System (push start/stop button) untuk menghidupkan dan mematikan mesin dengan sentuhan jari.

Di bagian interior, kami juga sempat memperhatikan desain baru pada sisi layar display sebesar 8 inci berada di tengah dashbord. Layar ini sudah dilengkapi dengan Smart Connectivity yang dapat terhubung dengan smartphone.

Teman dapurpacu sempat menjajal aplikasi WebLink melalui smartphone berbasis Android untuk mirroring. Tak perlu pusing untuk membuat koneksi, karena dapat dilakukan dengan kabel charger bawaan dari smartphone dan langsung terhubung ke layar.

Penyegaran pada interior menurut penilaian kami bertiga yang berada dalam salah satu mobil BR-V memang belum maksimal. Di baris kedua dan ketiga, kami tidak menemukan USB Port untuk mengisi ulang baterai gadget. Bahkan di depan, hanya ada satu USB Port di layar display dan socket lighter pada konsol tengah.

Fitur ini mungkin terkesan sederhana tetapi menjadi sangat penting bagi keluarga di Indonesia yang salah satu rutinitasnya adalah bepergian bersama seluruh anggota keluarga. Tentunya mereka juga aktif memainkan gadget selama perjalanan.

Soal eksterior, menurut penilaian kami sudah cukup oke. New BR-V kini menampilkan New Black Front Grille Design, New Front Bumper Design dan New Front Under Spoiler pada fascia depan. disematkannya New LED Daytime Running Light dan New Fog Lamp Garnish membuat sosoknya terlihat mewah.

Dilihat dari samping, kesan SUV dimunculkan lewat tambahan New Black Side Under Spoiler dan velg alloy 16 inci berdesain baru. Akses masuk ke kabin dimudahkan dengan Smart Entry System, hanya dengan menekan tombol di gagang pintu.

Penyegaran pada New BR-V dituntaskan pada desain anyar di bagian belakang melalui desain bumper belakang dan penambahan Rear Under Spoiler. Ditambah dengan warna-warna yang juga tidak kalah menarik, seperti Premium Amber Metallic, Coffee Cherry Red Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, hingga Taffeta White. Anda tinggal pilih sesuai dengan selera.

Lalu, berapa harganya?  Honda menyediakan empat varian yakni Prestige CVT, Tipe E Transmisi CVT dan 6 M/T, serta Tipe S transmisi manual 6-kecepatan. Harganya dibanderol dari Rp 238 juta sampai Rp 279.500.000. Tinggal sesuaikan dengan kantong Anda, mau tipe yang mana. [Dp/Gtm]