Honda Resmikan Sarana Laboratorium Struktur Ringan di ITB


BANDUNG (DP) – PT Honda Prospect Motor meresmikan sarana Laboratorium Struktur Ringan di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (FTMD-ITB), di Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/5).

Sarana Laboratorium tersebut merupakan bentuk kontribusi sosial yang dilakukan PT Honda Prospect Motor di bawah program ‘Honda for Indonesia – Transfer of Technology’.

“Saat ini industri otomotif di Indonesia berkembang dengan pesat dari sisi volume maupun teknologi, sehingga membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai dan menguasai berbagai teknologi terbaru,” kata Takehiro Watanabe, President Director HPM dalam siaran resminya.

Fasilitas ini sebagai laboratorium pendidikan dan penelitian bagi mahasiswa S1, S2 dan S3 pada fakultas tersebut. Kegiatan utamanya, perancangan dan analisis struktur ringan untuk aplikasi pesawat terbang, kendaraan jalan raya dan juga kendaraan rel.

Sebagai penunjang, laboratorium ini dilengkapi peralatan pengujian dan komputasi struktur, serta dibekali dengan fasilitas seperti co-working dan display struktur.

Baca juga:  Hadiah Berlimpah, Ajang HJSC dan HBSC Makin Kompetitif

Sarana laboratorium ini juga merupakan kelanjutan dari kontribusi Honda kepada ITB yang telah dilakukan pada 2017 lalu, di mana Honda mendonasikan beberapa komponen mobil untuk digunakan sebagai pelengkap sarana pendidikan di fakultas itu.

Adapun komponen yang disumbangkan meliputi White Body Honda CR-V, Front Fender RH BR-V, serta Rear Left Door Comp dari Brio, dan unit peraga untuk sistem pengereman (Brake System Simulator).

“Honda konsisten melakukan transfer teknologi dan edukasi kepada sekolah dan institut teknik di berbagai daerah sebagai bentuk kontribusi terhadap pendidikan dan industri otomotif di Indonesia,” pungkas Takehiro.

Sebagai informasi, HPM telah memulai program ‘Transfer of Technology’ sejak tahun 2000, dengan menyediakan fasilitas pendidikan bagi sekolah kejuruan bidang teknik.

Hingga kini, Honda telah mendonasikan kepada 46 sekolah kejuruan di seluruh Indonesia, di antaranya Bandung, Surabaya, Cariu, Kendal, Bogor, Malang, Tangerang, Yogyakarta, Kuningan, Makassar dan Medan. [dp/MTH]