Menhub Ajak Pemudik Sepeda Motor Manfaatkan Program Mudik Gratis


JAKARTA (DP) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap para pemudik untuk tidak menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi menuju kampung halamannya.

Untuk itu Menhub mengatakan agar memanfaatkan momen mudik gratis yang banyak diberikan berbagai instansi maupun berbagai perusahaan. Kemenhub juga memfasilitasi dengan kapal laut bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Mudik dengan sepeda motor itu sangat beresiko, tahun 2018, kecelakan pada saat mudik didominasi oleh pemotor sebanyak 70%. Saya juga tinjau langsung, mereka-mereka yang menggunakan motor itu capek sekali sehingga resikonya tinggi,” kata Budi.

“Untuk itu saya sarankan para pemudik dengan sepeda motor dapat mengikuti mudik gratis dengan kapal laut yang diadakan Kementerian Perhubungan, motor dan para pemudik diangkut dengan kapal laut. Mudik jadi lebih aman dan nyaman,” tambahnya.

Seperti diketahui, Jawa Tengah menjadi wilayah paling besar yang akan dituju oleh para pemudik untuk pulang kampung guna merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo berterima kasih atas arahan Menhub untuk para pemudik dengan sepeda motor untuk turut serta dalam mudik gratis dengan kapal laut.

“Kami berterima kasih kepada Menhub, cukup menarik dan masyarakat tentunya senang. Kapalnya bagus, mendapatkan makan dan perjalanan menuju keluarga aman dan nyaman” ujar Ganjar. [dp/MTH]